March 14, 2014

Bahaya Kantong Kresek Untuk Tempat Makanan

Kantong kresek adalah kantong pembungkus yang dibuat dari plastik. Kantong plastik digunakan untuk memuat dan membawa barang konsumsi. Bagian dasar dan sisi kiri kanan kantong umumnya direkatkan dengan mesin penyegel plastik, namun ada kantong plastik yang disatukan dengan perekat ataupun dijahit.

Sudah sekian lama kantong kresek menjadi primadona manusia sebagai tempat makanan dan minuman. Penggunaan kantong plastik yang diprediksi bakal meningkat, dan bakal menggeser penggunaan kaca, dan kertas. Hal ini terjadi karena plastik tergolong ringan, kuat, serta yang pasti harganya sangat terjangkau.

Zaman yang semakin modern membuat manusia tidak bisa terhindar dari yang namanya plastik. Meski tergolong tidak seramah kaca atau kertas bagi lingkungan, plastik adalah kebutuhan hidup manusia masa kini.

Baca Juga : Minum Kopi Bisa Mencegah Kepikunan
Anda pernah berpikir bahwa bekal bisa menjadi sumber penyakit karena kantong kresek? yang pastinya tidak akan sadar bahwa kantong kresek akan menjadi sumber penyakit. Tempat bekal harus tetap bisa menjaga makanan agar tetap bergizi, bermutu, dan aman pastinya. bahwa makanan yang bersinggungan dengan kantong plastik bisa menimbulkan masalah kesehatan. Masalah muncul akibat perpindahan bahan kimia dari kantong plastik ke makanan. Prosesnya bisa terjadi ketika makanan masih panas.

Senyawa kimia dalam plastik larut dengan bantuan makanan bersuhu tinggi. Migrasi terjadi lima kali lebih cepat pada makanan yang masih panas. Inginnya sih berhemat, Eh tapi jangan sampai malah membawa sengsara di kemudian hari. Karena migrasi dapat memicu terjadinya kanker. Untungnya perpindahan bisa dihindari. Taruh makanan dalam wadah plastik ketika sudah tidak panas.

Makanan berminyak serta bersifat cair atau semi cair berpengaruh besar pada kemungkinan migrasi. Semakin luas daerah kontak plastik dengan makanan, makin tinggi kemungkinannya. Usahakan membawa bekal makanan kering dan tidak berminyak banyak.

54 komentar:

  1. klo kntong kresek yg bening atau putih bhya juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja kaya Mas Fiu yang warna putih juga, ya gak sih Mas Yahya?

      Delete
    2. pilih plastik dengan logo aman bagi makanan. Perhatikan tanda gelas dan garpu atau logo food grade atau food safe di bagian bawah wadah plastik.

      Walaupun begitu, tapi tetep hati2 jangan memasukan makanan dlm keadaan masih panas.

      Delete
    3. Oke sip deh makasih atas tips sehat.. tetap waspada selalu :)

      Delete
  2. wah berbahaya yah ternyata penggunaan kantong kresek untuk makanan
    saya baru tau nih
    harus lebih berhati2

    ReplyDelete
    Replies
    1. rambut juga dipotong Mas, jangan terurai sampai dikantongin plastik segala.

      Delete
    2. Wah betul kang yanto..

      Kang Zach ada2 saja :-)

      Delete
  3. Terima kasih banyak informasinya, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. Iinfo yang bermanfaat nih mas yahya, terkadang hal yang sepele tak kita sadari tentang kantong kresek yang sering kita gunakan untuk membungkus makanan ternyata berbahaya ya ;M;as yahya

    ReplyDelete
  5. Betul sekali yang Pak uda katakan diatas. kebanyak masyarakat kaya gitu
    buat Mas Yahya terima kasih yah tips bermanfaat salam sukses mas :)

    ReplyDelete
  6. tuh kan kanker mengancam lewat kantong kresek. semoga kita selalu waspada dan mengurangi pemakaiannya saat ngentongin gorengan panas khususnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip.. betul banget kang zach :)

      Delete
    2. Yang lebih bahaya lagi buat bungkus Mie ayam dan Bakso ya Mas Yahya =p~

      Delete
  7. Mungkin kalau plastik yang warna warni atau warna hitam memang berbahanyakan, tapi kalau yang warna transparan tidak begitu bahaya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih plastik dengan logo aman bagi makanan. perhatikan tanda gelas dan garpu atau logo food grade atau food safe di bagian bawah wadah plastik.

      Walaupun begitu, tapi tetep hati2 jangan memasukan makanan dlm keadaan masih panas.

      Delete
  8. tapi mau gimana lagi, sekarang kebanyakan memakai plastik sebagai wadah makanan.. berarti harus bawa tempat sendiri nih, supaya lebih aman.. :) kalo untuk makanan yang tidak bersuhu tinggi masih aman ya :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih plastik dengan logo aman bagi makanan. perhatikan tanda gelas dan garpu atau logo food grade atau food safe di bagian bawah wadah plastik.

      Walaupun begitu, tapi tetep hati2 jangan ya

      Delete
  9. Sekarang ini semua tempat menggunakan kantong kresek. Jadi ngeri juga tuh kalau inget bahayanya... Infonya penting diingat nih. Tks!

    ReplyDelete
  10. keberadaan kantong kresek itu memang membantu ..namun ternyata efeknya sangat berbahaya ya...nice share sobat....keep happy blogging always,,,salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
  11. Iya, benar sekali mas, apalagi kalau kita menyimpan makanan panas dala kantong plastik tersebut, maka aroma dari bahan kimianya akan tercium sngat menyengat sekali.

    ReplyDelete
  12. wah ternyata berbahaya ya sob kresek atau itu, hmm.. gmn kalau beli mi ayam atau bakso yg panas2 gitu ya, bahaya pasti

    mampir ya sob dipostq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plastik yg mana kang? kreseknya atau pembungkusnya itu? mungkin utk pembungkusnya yg plastik putih mungkin gpp.. :)

      Delete
  13. Kunjungan malam Mas Yahya.. Plastik kresek orang di kampung saya sangat popular buat bungkus mie bakso, dan Mie ayam setiap orang jualan

    ReplyDelete
  14. Terutama gorengan, apalagi yang masih panas setelah ditiriskan, perpindahan kimianya dari kantong plastik ke gorengan yang masih panas bisa cepat prosesnya. Meski sadar begitu, tetap aja dari kecil ampek sekarang tetap beli :D Gorengan Pro Rakyat Sih :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheehe. sulit dihindari kresek/pembungkus makanan yg terbuat dr plastik.

      Delete
  15. iya mas.. terkadang saya sih tidak menyadarinya kalau kantong kresek itu tidak baik juga tuk makanan. apalagi kaalu sudah beli gorengan mas.. pasti selalu di beri kantong kresek. jadi solusi gimana tuh mas kalau di saat kita beli gorengan mas... :-? (o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih plastik dengan logo aman bagi makanan. perhatikan tanda gelas dan garpu atau logo food grade atau food safe di bagian bawah wadah plastik.

      Walaupun begitu, tapi tetep hati2 ya.

      Delete
    2. terimakasih ya mas atas masukannya...

      Delete
  16. assalamuikumj ya salam kenal anda..terima kasih ya datang ke laman Etuza

    ReplyDelete
  17. Berkat postingan Mas Yahya dengan Bahaya Kantong Kresek itu, mulai sekarang saya lebih berhati hati dalam memilih kantong kresek, yang ada logo khusus buat makanan baru saya gunakan. makasih atas infonya Mas Yahya :)

    ReplyDelete
  18. Oke Mas Yah Yahya. sama-sama terima kasih atas tips bermanfaat ini juga ya? 8-)

    ReplyDelete
  19. oo gitu ya ternyata, baru tahu saya, makasih bang atas informasinya

    ReplyDelete
  20. Kemana saja nih Mas Yahya. jarang kelihatan di beranda post saya? sibuk apa Mas..? saya simak dan baca kembali artikel bahaya kantong kresek nya ya Mas Yahya. salam blogging :)

    ReplyDelete
  21. kalo plastik yang putih gimana mas? ada yang bilang kalo untuk makanan jangan menggunakan plastik item tapi plastik putih...apa ada bahayanya juga kali ya

    ReplyDelete
  22. apalagi kalau buat beli gorengan ya...tambah bahaya

    ReplyDelete
  23. wah baru tau saya kalo kantong kresek berbahaya. padahal diluar sana banyak orang yang memanfaatkan kresek sbg tempat mknnn. semoga banyak orang yang membaca artikel ini

    ReplyDelete
  24. Weleh, sudah sumber penyakit, bisa ngerusak lingkungan lagi, plastik plastik

    ReplyDelete
  25. baru tahu ternyata kantong kresek berbahaya info yang sangat bermanfaat,

    ReplyDelete
  26. kantong kresek berbahaya [-( [-(

    serem lah
    tapi anehnya masih aja di gunakan banyak orang :-?




    ---
    Supplier Tas Batam

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES