March 14, 2014

Stop! Begadang

Begadang menjadi salah satu kebiasaan yang sulit dihilangkan bagi sebagian seseorang. Kebiasaan begadang pada umumnya banyak dilakukan oleh para remaja atau ABG dan kalangan yang sudah berumur. Beberapa orang terpaksa begadang karena ada tugas yang harus diselesaikan. Namun jika begadang dihabiskan untuk sesuatu yang tidak berguna, kebiasaan tersebut bisa membawa dampak yang sangat buruk bagi kesehatan kita.

Setelah seharian beraktivitas yang menguras tenaga dan pikiran seseorang, tidur pada malam hari tentu memiliki peran yang begitu vital untuk mengembalikan tenaga dan membuat pikiran menjadi segar. Tidurlah minimal tujuh jam sehari, agar terhindari dari efek buruk.

Bahaya begadang bagi kesehatan
1. Tubuh menjadi lemas / tidak berdaya / loyo
2. Sulit berkonsentrasi / konsentrasi menurun
3. Sistem kekebalan tubuh akan menjadi berkurang
4. Organ tubuh mudah rusak
5. Esok harinya pasti akan ngantuk, hehe

Bener apa yang di katakan atau nyayikan Bang Haji Rhoma Irama

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya

Kalau terlalu banyak begadang
Muka pucat karena darah berkurang
Kalau sering kena angin malam
Segala penyakit akan mudah datang
Darilah itu sayangi badan
Jangan begadang setiap malam

Jreeeeeeeeeeng jreeeeeeng. tarik mang. hehehe

91 komentar:

  1. Untung Ane jarang bergadang kalo udah jam 12 teng kudu wajib tidur :D makasih infonya

    ReplyDelete
  2. saya berusaha tidur di bawah jam 12 gan hehehe

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi Mas Yahya, wah artikelnya keren sangat Mas Yahya..?
    saya terinfirasi dengan Lagunya Bang H. Rhoma Irama, saya belum bisa tuh Mas
    Mengurang waktu begadang saya, apalagi jika saat on blog terasa waktu sangat singkat.
    Tetapi berkat artikel Mas Ini semoga, saya lebih pandai dalam waktu begadang. makasih Mas

    ReplyDelete
  4. Saya banget nih, haha. semenjak kuliah gak lepas dari begituan. awalnya karena tugas, semakin lama jadi kebiasaan, haha. kadang tidur sampai menjelang waktu Subuh :D. dampak buruknya sebenarnya tahu, yang beberapa sudah mas sebutkan. tapi ngerubah kebiasaan ini yang susah, berasa ada saja yang dilakukan. tapi akan saya kurangi nanti *curhat :D

    ReplyDelete
  5. sehari tidur minimal 7 jam??... klo setahun berapa jam yak...?

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. betul mas.. tapi gak baik bagi kesehatan

      Delete
    2. iyaaa sob,, karena banyak spam,, hehe.

      Delete
  7. Saya mengalami efek no 3 mas, gara" beberapa malam terakhir begadang jadi ambruk daya tahannya kena pilek.

    ReplyDelete
  8. Memang jangan pernah begadang kalau tidak ada gunanya
    seperti lagunya bang rhoma itu
    hehehe

    ReplyDelete
  9. Bener banget gan...ane sering ngatuk kalau di sekolah...hehe..thnaks infonya gan...

    ReplyDelete
  10. begadang memang dampak nya banyak sekali ya mas. Jadi sebaiknya harus dihindari. Alangkah baik nya kita tidur teratur

    ReplyDelete
  11. Kata bang haji boleh begadang asal
    Ada perlu nya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa sob,, kalau ada perlunya saja,, hehe

      Delete
  12. seharusnya kita tidur 6-8jam setiap hari..

    ReplyDelete
  13. kalau begadang buat ngeblog kira2 penting ga ya gan.. hhe, kayanya harus dikurangi ya.. :)

    ReplyDelete
  14. Tika pernah begadang 3 malam berturut2 yg setiap malamx cuma tidur skitar 2 jam, pas hari ketiga tika ambruk, demam tinggi... Ampun, tak mau lg kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah gawat ya...

      Kalau begadang kalau ada perlunya saja

      Delete
  15. Bener juga sob tapi kadang kalau sudah asyik BW wah lupa kalau sudah larut malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak, waktu terasa cepat ya.....

      Delete
  16. Zaman sekarang begadangin sosmed deh,,,,ehehehehe

    ReplyDelete
  17. 5. Esok harinya pasti akan ngantuk, hehe
    ini pasti nih mas bro hehe,soalnya ane merasakanya hampir setiap hari,karena setiap malam sibuk ngeblog ,online dan lain sebagainya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bang... tapi jangan sampai larut malam online nya.. hehe

      Delete
  18. hahaha itu visualnya keren amat, karna begadang bisa tidur diatas motor gitu

    ReplyDelete
  19. kurang sob, begadang bikin sengsara juga ,. timbul kantung mata yg bikin gx sedap di pandang :D

    ReplyDelete
  20. kalau memang tidak ada yang penting mending gak usah begadang gan, membahayakan kesehatan jadinya. nice share

    ReplyDelete
  21. Sudah 5 hari begadang terus,bener bgt,akhirnya saya dapat hadiah(Tubuh menjadi lemas dkk)
    Besok harus tidur jam 21an

    ReplyDelete
  22. ngeblog yg lupa waktu sama dgn begadang ya mas, hehehe :D

    ReplyDelete
  23. Awas jatoh bos.. Kalo saya gak ada waktu siang ya bisanya ngeblog malam aja. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,, tapi jangan sampai larut malam sob

      Delete
  24. haha...lagu rhoma itu loh...keren banget...
    aduh, saya sering begadang buat ngeblog, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah tapi jangan sampai larut malam mas

      Delete
  25. Aku tipe orang yang suka begadang, apalagi kalau lagi banyak tugas. Kayaknya sekarang harus dikurangi ya porsi begadangnya hehe :)

    ReplyDelete
  26. dulu saaat kuliah saya sering sekali begadang, tapi sekarang kapok karena pernah sakit gara-gara kurang tidur.
    memang begadang yang keterusan gak baik untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  27. Begadang sih menyenangkan,
    tapi esok harinya jadi klangopan..(ngantuk..)

    Boku kalau begadang pas hari libur aja Mas, itupun kalau ada yang ngajakin begadang..:)

    ReplyDelete
  28. Tapi buat mahasiswa untuk tidak begadang itu sangaaaatt sulit, tugas tidak selesai hanya beberapa jam saja... BTW itu gambar kocak juga

    ReplyDelete
  29. dekat2 pemilu gini, mgkn Bang Rhoma sering2 begadang hehe...

    ReplyDelete
  30. Wahh .. mas.
    saya baru saja mau bergadang nih ..
    pas banget dapet tips yang beginian .. wleh weleh gak jadi deh begadang malam nanti

    ReplyDelete
  31. begadang boleh saja...aaa... kalau ada artinya :D

    ReplyDelete
  32. wah saya jadi ingat lagu bang haji rhoma setelah baca postingan di atas gan..

    ReplyDelete
  33. Betul setuju, begadang wajib dihindari kalau enggak ada kepentingannya.

    Biasanya susah tidur itu karena banyak beban pikiran sebaiknya diceritakan aja pada saya, siap bantu kok.

    ^.^

    ReplyDelete
  34. wahhh bener banget sob.. ane aja sering banget begadang.... terkadang aja tidur harus jam 3 atau jam 4...

    tapi syukurlah minggu ini entah kenapa bisa tertidur cepat....

    ReplyDelete
  35. betul juga sih, di badan emang gak enak
    kalo seperti ane harus, soalnya kerja nya malam hari :3

    ReplyDelete
  36. wah kalo kayak saya gimana dong gan kerja malam terus kayak kelelawar

    ReplyDelete
  37. Begadang Boleh aja asal klo ada kopinya hahahaayy ... :)

    ReplyDelete
  38. kebiasaan yg sekarang memang sudah saya tinggalkan, takut jantungan sob :)

    ReplyDelete
  39. Mending tidur cepat ( jam 9 atau jam stgah 10) terus bangunnya cepat juga (jam 4 an). Tapi prakteknya susah juga gan.

    ReplyDelete
  40. Emang sulit tuk ninggalin kebiasaan buruk ini gan.. Sya tiap malam minimal jam 12 baru tdur. Parah memang.

    ReplyDelete
  41. kalau begadang untuk ngeblog bagus ndak tuh bangg? ckckckckc

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES