February 1, 2015

Stop Ngegosip Orang Lain

Berburuk sangka atau su'udzan adalah salah satu sifat tercela. Apabila timbul buruk sangka, maka sudah tentu seseorang akan ingin mencari kesalahan orang lain dan itu timbul sehingga terbukalah aib atau kesalahan orang lain, itu yang menyebabkan seorang itu merasa puas. Itu adalah suatu penyakit hati yang akan menyerang siapa saja. Berburuk sangka merupakan kecurigaan atau menduga terhadap orang lain dengan sesuatu yang bersifat negatif dan me- ngandung celaan. Sedangkan sesuatu yang dituduhkan kepada orang lain itu masih dalam dugaan dan belum tentu benar.

Sudah menjadi sebuah tradisi yang membudaya di kalangan sebagian masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia. ini perilaku berburuk sangka kepada orang atau pihak lain dengan cara mengungkapkannya ataupun sekedar terbetik dalam hati. Buruk sangka sangat terkait dengan ghibah, dan biasanya apabila seseorang mengghibah dapat dipastikan di dalam membicarakan orang lain tersebut terkandung buruk sangka terhadap orang yang dibicarakannya.


Biasanya ghibah muncul akibat berprasangka buruk terhadap orang lain. Prasangka buruk terhadap orang lain. Prasangka buruk ini kemudian disampaikan kepada orang lain dengan tujuan untuk menjatuhkan dan mencemarkan nama baiknya. Pada puncaknya, orang tersebut akan di cemoh dan akan dikucilkan dari pergaulan sosial.

Baca juga Artikel : Berbaik Sangkalah Kepada Orang Lain

Mengapa manusia senang NgeGosip? Meskipun kita semua tahu bahwa membicarakan seseorang dibelakangnya merupakan kebiasaan yang tidak baik, namun tidak bisa dipungkiri lagi, untuk menghindari hal tersebut agak sulit, karena NgeGosip memang salah satu pembicaraan yang sangat asyik, begitulah alasannya mengapa manusia senang NgeGosip.

Ingat...!! Lidah lebih tajam daripada pedang. Maka dari itu, kita harus pandai-pandai menjaganya, terlebih dalam NgeGosip orang lain yang terkadang belum tentu ada benarnya. Dan bagaimanapun gosip bisa merusak banyak hal, terutama kepercayaan orang lain. serta akan mendapatkan dosa

Dalam hal ini ada beberapa hal yang menyebabkan datangnya buruk sangka:
1. Bujuk rayu syetan
2. Kelemahan jiwa
3. Kesombongan
4. Keburukan batin
5. Karena sakit hati atau dendam
6. Iri hati atau dengki
7. Becanda terlalu berlebihan dengan menyebut kejelekan-kejelekan orang lain

Masih banyak lagi penyebab datangnya prasangka buruk yang bisa menggerogoti hati dan pikiran kita. Maka untuk bisa menghindari adanya buruk sangka ini, kita harus menjaga hati dan pikiran agar kita tidak mudah terhasut buruk sangka, Dan mulai saat ini, sertakan selalu hati dan pikiran yang bersih dan jernih dalam menilai sesuatu.

116 komentar:

  1. memang itu salah satu keburukan dari manusia mas,entah sekali atau banyak kali kita pasti akan punya rasa buruk sangkan kepada orang lain.setelah membaca artikel ini moga aja sifat berburuk sangka akan berkurang dan dapat dikendalikan

    pertamax aq amankan nih kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul banget mas.

      Wah selamat atas PERTAMAXnya? :)

      Delete
  2. bener tuh mas yahya,, kita harus pandai pandai menjaga lidah kita untuk tidak berbicara yang nggak nggak kepada orang lain, apalagi sampai nyakitin hatinya (h)

    ReplyDelete
  3. Sependapat saya dengan isi artikel Mas Yahya, alangkah baiknya berhento
    ngegosip atau mengguncing orang lain jika dalam guncinganya hanya mencelekan
    Dan mencaci, tetapi jika guncinganya hal positif mungkin ada baiknya yah Mas
    Makasih atas pencerahanya Mas Yahya, Pertamax gak yah..? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas saud..

      Pertamaxnya udah keduluan..

      Delete
  4. Dapat pencerahan yang positif nih dari artikel Mas Yahya
    Bahwasanya ngegosip adalah perbuatan yang tidak baik yah Mas? :)

    ReplyDelete
  5. terimakasih sudah mengingatkan tentang bahanya berburuk sangka dan ngegosip

    ReplyDelete
  6. kayanya emang udah dikodratin pada manusia kalau ng'gosip dan ngomongin orang lain itu sesuatu yang mengasikkan dan bikin penasaran pengen tau lagi lebih dalem...itulah manusia,...jika sesuatu yang dilarang Agama, justru banyak yang melakukannya...termasuk saya gituh deh... :))

    ReplyDelete
  7. terima aksih di atas peringatan ini.. kadangkala sebagai manusia kita tidak terlepas dari melakukan kesilapan dan dosa..

    ReplyDelete
  8. untungnya saya nggak suka ngegosip mas, soalnya buat apa ngomongin orang yang belum tentu kebenarannya, iya kan mas hehe...

    ReplyDelete
  9. Ah.. Aku pernah dalam situasi ini. Pas SMA sempet digosipin yang ngga-ngga.. Kalo aku lewat tuh orang pada diem trus bisik-bisik gitu.. :')

    ReplyDelete
  10. untung ane orang nya gak suka gosip :D

    ReplyDelete
  11. jujur walaupun kita tahu gak boleh berburuk sangka terhdp orang lain, tapi susah sekali untuk menghindarinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiya ya kang....asik banget seh ng'gosip itu....mulai sekarang mau dikurangi ah ng'gosipnya
      (f)

      Delete
    2. Ione # betul mas. memang susah sekali menghilangkannya [-( tapi kita harus berusaha supaya tdk suka ngegosip lagi (o)

      Delete
  12. betul sekali sob :-D
    kalo sudah berkumpul susah sekali menahan buat nge gosip :-

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas sopyan. memang susah sekali menghilangkannya [-( tapi kita harus berusaha supaya tdk suka ngegosip lagi (o)

      Delete
  13. Betul mas, kasihan juga orang yang di gosipin...kalau kita ngegosipin orang lain bukan tidak mungkin suatu saat kita juga bakal jadi bahan gosip bagi orang lain..

    ReplyDelete
  14. Biasanya ibu ibu nih yang suka ngerumpi dan bikin gosip he..
    Bagi kebanyakan orang gosip memang sangat merugikan tapi bagi sebaian kalangan gosip justusangat menguntungkan :)

    ReplyDelete
  15. org seperti ini gak bisa lama bertahan idup..!:)

    ReplyDelete
  16. Berbaik sangka saja ya
    Lebih kearah pahala
    Memberi pujian agar orangnya
    Merasa bahagia

    ReplyDelete
  17. wah nice posting nih gan,,, makasih ya, :d

    ReplyDelete
  18. ngegosip memang tidak baik ya mas ... :)

    ReplyDelete
  19. itu lah mas, manusia tu harus bisa menjaga mulutnya, karna mulutmu harimaumu

    ReplyDelete
  20. Yah gt deh. Biasanya ibu ibu tu yang hobi ngegosip.. Paling demen bgt ma acra gosip.

    ReplyDelete
  21. Berawal dari ngerumi biasa, gak terasa jadi ngegosip...wah makasih mas sudh mengingatkan...

    ReplyDelete
  22. Terima kasih sudah ngingetin gan.. Ternyata banyak banget ya gan efek buruk dari ngegosip. Bagi yang masih suka ngegosip mungkin harus sadar diri ya, apakah diri sendiri udah atau belum, kalau memang diri sendiri masih belum bener maka janganlah ngomongin orang lain.

    ReplyDelete
  23. Artikel yang menarik dengan judul 'Stop Ngegosip Orang Lain'. Manusia memang makhluk sosial yang unik dan sempurna di dunia ini. Apa sih yang tidak dibicarakan (k) di dunia ini. Orangnya baik diomong :) , orangnya jelek diomong :-b , orangnya tinggi diomong, orangnya pendek diomong, orangnya gendut diomong :d , orangnya kerempeng diomong, orangnya dermawan diomong, orangnya pelit diomong, orangnya sabar diomong, orangnya pemberang :-t diomong, orangnya keren diomong, orangnya lusuh diomong, dan sebagainya. Lidah memang tidak bertulang :p . Berbahagialah orang yang selalu introspeksi diri dan mampu menahan diri dari ngegosip orang lain x-) . Salam cemerlang! cheer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah betul sekali apa yang mas katakan..!! (h) (h)

      Delete
  24. wahhh... jujur saja mas sifat suka ngegosipin orang lain ini memang berat ditahan. jadi sedih juga aku kadang belum bisa menahan pula bila arus dalam kumpulan percakapan mengarah ghibah ini... *termenung di pojokan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang susah sekali menghilangkannya [-( tapi kita harus berusaha supaya tdk suka ngegosip lagi (o)

      Delete
  25. Kunjungan sore Mas Yahya, tapi stop yah jangan ngegosip
    Atau menjelekan sesama teman yah Mas Yahya :-d

    ReplyDelete
  26. stop berburuk sangka pada caleg!! :p

    ReplyDelete
  27. paling enak emang ngegosip,,, apalagi gosipin yang bening2 :-d
    ya gimana lagi, saat kumpul ama temen2 paling enak cuma gitu, kalo tidak ya seperti sayur tanpa garam :d

    ReplyDelete
  28. jadi inget kata-kata Aa Gymm, jagalah hati jangan kau kotori, jagalah hati lentera hidup ini...begitu juga ucapan. harus benar-benar di jaga .. :d

    ReplyDelete
  29. Biasanya cewek nih yang suka ngegosip, namun sekarang para cowok juga ga mau kalah, mereka juga suka gosip, yang penting adalah jaga omongan kita :-)

    ReplyDelete
  30. biasanya sih saya cuma bercanda aja ,tapi klo ngegosif kan kebiasaan cewek tapi saya cowok ,jadinya bkn menggosif namanya ,tapi ngapakin (ngefek) orang :d

    ReplyDelete
  31. STOP LAH NGEGOSIP SEBELUM ANDA DI GOSIPIN :d

    ReplyDelete
  32. sangat tidak baik ngomongin orang seperti ini ya mas
    :D

    ReplyDelete
  33. Para perempuan nih yang suka gosip,, tapi tidak semuanya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kita juga,, bukan cuma seorang perempuan

      Delete
  34. mantap sob,, artikelku di stop deh

    ReplyDelete
  35. Ngegosip itu sudah menjadi tradisi turun temurun :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kita harus menjahuinya, dan harus menjaga mulut kita..

      Delete
  36. kada kita gk sadar ko kita lagi ngegosipin orang :D, tapi klo saya di gosipin pacaran sama christy julie gk papa lah :D itung2 nambah pamor

    ReplyDelete
  37. mungkin sulit bagi manusia pada umumnya untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu,

    8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas. memang susah sekali menghilangkannya [-( tapi kita harus berusaha supaya tdk suka ngegosip lagi (o)

      Delete
  38. kalau gosipnya yang baik sih masih mending daripada gosipin orang yang gk bener hadeehhh...

    ReplyDelete
  39. ahhaha, kalo ini mah kerjaan nya ibu-ibu :D.


    jangan lupa kunjungan baliknya :D..

    ReplyDelete
  40. wah setuju banget kang,,_
    :d :d :d

    ReplyDelete
  41. Lidah lebih panjang dari jalan yah mas.hehehee :d

    ReplyDelete
  42. jangan di kebiasain nggosip yah mas, bahaya nanti nya kalau di alam lainnya besar tanggung jawabnya,sekalian di follow blognya

    ReplyDelete
  43. menurut saya sih itu tergantung lingkungan masing2 @-)

    ReplyDelete
  44. tapi manusia kan nggak pernah luput dari dosa mas...
    yaa ghibah memang nggak boleh, tapi yaa kadang adaaa aja sesuatu hal yang membuat kita terbersit untuk berburuk sangka... haduuuuuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak,, memang manusia itu gak pernah luput dari dosa.

      tapi kita harus berusaha supaya tdk suka ngegosip lagi (o)

      Delete
  45. setuju..Sekarang lagi musim ngomongin parpol :d

    ReplyDelete
  46. ngegosip itu enakkk apalagi kalo ketauan ama orang yang digosipinnya beuhhh pasti bonyokkk dahhh hehe

    ReplyDelete
  47. whahaha itu di kampung suka ngegosip terus :D
    Dan saya juga kadang'' nge gosip nih mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kita harus berusaha supaya tdk suka ngegosip lagi (o)

      Delete
  48. Ngegosip itu adalah bagian dari hiburan... sob... bergosiplah sebelum gosip itu di larang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. [-( [-( tapi kita harus berusaha supaya tdk suka ngegosip lagi (o)

      Delete
  49. seperti biasa, postnya selalu inspiratif dan mengena dihati..cen mantep mas yahya ki.. :)

    ReplyDelete
  50. daripada gosip, mending buat ngeblog ya mas bisa dapat banyak ilmu :D

    ReplyDelete
  51. hadeuuhh.... janga biasakan deh, ngegosip... bisa-bisa di akhirat nanti kan kenak azabnya....
    dan juga tidak baik baut orang lain deh... :>)

    ReplyDelete
  52. pekerjaan ibu" pkk ini. :-d

    ReplyDelete
  53. stop ngegosip buat yang suka gosip
    tidak baik loh .. :-b 8-)



    ---
    Supplier Tas Batam

    ReplyDelete
  54. :)) :-) Wah betul banget mas. para ibu2 gosip baca nih blog :V
    bagus banget blog nya mas saya suka ^^

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES