April 1, 2014

Jangan Pernah Mengeluh Dengan Keadaan Kita

Mengeluh merupakan suatu hal yang sering orang lakukan bahkan kitapun pernah mengeluh juga, mengeluh merupakan suatu hal yang tidak baik, dan tanpa kita sadari dengan mengeluh berarti kita tidak mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada diri kita. Hal yang terbaik adalah senantiasa ridha atas ketetapanNya, dan berbuat yang terbaik untuk mendapatkan keridhaanNya.

Tanpa kita sadari kita sering mengukur diri kita dengan membandingkan orang keatas bukan kebawah. Mungkin saatnya bagi kita untuk menunduk kebawah melihat betapa banyak orang yang tidak seberuntung kita. Mari syukuri apa yang telah dikaruniakan Allah bagi kita. Ingat kita harus bersyukur bukan karena kita sedang bahagia, tapi kita bahagia karena selalu bersyukur.

  
Ingatlah..!!!!!!
Kita susah? pasti ada yang lebih susah dari kita.
Kita sedih? pasti ada yang lebih sedih dari kita.
Kita menderita? pasti ada yang lebih menderita dari kita.

Rupanya kita lebih bahagia daripada mereka. Lihatlah sekeliling kita dahulu sebelum kita mengeluh akan situasi kita.

Jadi sesungguhnya orang-orang bergolongan bawah yang senantiasa selalu bersyukur itu lebih kaya dan baik daripada orang-orang bergolongan atas yang berlimpah harta tetapi tidak pernah atau jarang bersyukur. Maka dari itu daripada kita mengeluh tidak jelas, alangkah baiknya kita untuk selalu mensyukuri hidup ini. nikmatilah hidup ini yang penuh warna dan cerita. maka Insya Allah hidup kita ini akan terasa lebih indah.

Apa pantaskah kita mengeluh??

144 komentar:

  1. betul itu mas, masih banyak orang orang yang hidupnya tidak seberuntung kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas Fardan, terkadang Kita memang kurang bersyukur terhadap apa yang sudah dimiliki.
      Semoga Kita bisa dijadikan orang yang selalu bersyukur ya mas.

      Delete
    2. Setuju teman. Setiap kali kita mengalami keadaan yang sulit.
      Terima saja apa adanya sebab diluar sana masih banyak orang yang lebih parah dari itu.
      salam mental tangguh

      Delete
    3. Setuju teman.
      Mengeluh itu tandanya bahwa kita lemah
      Bertahanlah dalam penderitaan sebab semua pasti ada hikmahnya
      Badai pasti berlalu
      Salam santun

      Delete
  2. bahagia itu sederhana,kuncinya cum satu "bersyukur"

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju dengan kang Reo....ko' tumben seh komentarnya bener kang?

      Delete
    2. habis yasinan kang jadi bener

      Delete
    3. Simak kembali Mas Yahya artikelnya tetap semangat ya Mas?

      Delete
    4. ya bersyukur hidup seadanya pasti berbahagia...

      Delete
  3. Selalu bersyukur atas apa yang kita dapati sekarang

    ReplyDelete
  4. Mesti selalu bersyukur di atas pemberian Nya..salam kenal :)

    ReplyDelete
  5. saya aja kadang kadang bisa mengeluh mas :(

    ReplyDelete
  6. bagus mas tulisannya, bener paling penting itu bersyukur :D meski dalam kondisi apapun :)

    ReplyDelete
  7. sangat menginspirasi, gw jadi sedih ngebacanya
    nice share gan

    ReplyDelete
  8. menahan mengeluh itu tidak semudah bersabar ya mas...
    yang penting bersyukur aja deh

    ReplyDelete
  9. menahan keluhan memang susah.. tapi sedikit demi sedikit belajar bersyukur dan tersenyum..

    ReplyDelete
  10. setuju mas, Saya sendiri kadang kalau pas ingin mengeluh selalu berusaha menyadarkan diri bahwa masih banyak diluar sana orang orang yang jauh lebih susah drpada kita..jadi ya tetap bersyukur dan berusaha mengatasi apapun masalah kita...

    ReplyDelete
  11. stuju banget nih mas....
    apapun cobaan dan hal yang baik kita dapat kita tetap harus sabar dan selalu bersyukur

    ReplyDelete
  12. benar itu.. jikakita merasakan kita susah, pasti ada insan lain yang lebih susah dari kita.. bersyukur di atas pemberian Allah walaupun sedikit..

    ReplyDelete
  13. syukuri apa yang sudah di berikanNYA.... rejeki sekecil apapun akan terasa nikmat bila kita iklas menerimanya apalagi bersykur... jangan pernah mengeluh ya gan...

    ReplyDelete
  14. batul banget mas...lebih baik melihat kebawah daripada harus melihat ke atas...krn jika kita sadar masih banyak orang yang hidupnya serba kekurangan dibanding kita.

    ReplyDelete
  15. "Kalau kau bersyukur, maka akan kutambah nikmat-Ku," rasanya begitulah terjemahan salah satu ayat Al-qur'an

    ReplyDelete
  16. mengeluh boleh, asal diam-diam saja, jangan sampai ketahuan orang lain

    ReplyDelete
  17. makasih mas sudah mengingatkan,,,
    harus tetap bersyukur dengan apa yang ada

    ReplyDelete
  18. Makasih uda diingatkan, Bang..
    Iya nih, kadang-kadang masih suka lupaa untuk terus bersyukur..

    ReplyDelete
  19. betulmas jika kita mengeluh dengan keadaan kita, sesuatu yang besar pun akan musnah..

    ReplyDelete
  20. intinya kita harus bersyukur yah mas dengan apa yang ada, dengan begitu kita akan merasa bahagia :)

    ReplyDelete
  21. Kata katanya menn bener bener bijak skaleee jadiii merinding ane bacanyee :D

    ReplyDelete
  22. kata kata motivasi yang sangat menggugah gan hati,,, putus asa memang bertentengan dengan ajaran agama ya,,, thx spiritnya

    ReplyDelete
  23. Di atas langit ada langit, dan di bawah lapisan bumi masih ada lapisan bumi berikutnya. Saat 'merasa' di titik Nadir, merasa sedih itu normal..yg tdk normal jika berlarut-larut sedih dan berkeluh kesah. Kira-kira demikian ya?

    ReplyDelete
  24. Pas nih buat ane yang masih sering malas sekolah, padahal masih banyak orang yang belum bisa sekolah..

    ReplyDelete
  25. hahaha,, aku juga baru aja baca bukunya La Tahzan,,
    ceritanya persis bro.. :)

    ReplyDelete
  26. Yup setuju sodara-sodara, bersyukur. Bahkan kesialanpun harus disyukuri. Misalnya saja jatuh dari tangga, syukurin saja karena misalnya "syukur deh, tanganku gak patah, cuma lecet dan keseleo dikit", gitu... he..he..

    ReplyDelete
  27. selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki dan sedang dijalani dan berpasrah diri dengan ikhlaslah kunci dari anti mengeluh.

    ReplyDelete
  28. apalagi dengan bersyukur katanya berarti siap-siap mendapat kenikmatan yang lebih besar lagi daripada yang ada sekarang

    ReplyDelete
  29. dengan bersyukur artinya bersiap-siap untuk mendapat kenikmatan yang lebih besar lagi daripada yang ada sekarang

    ReplyDelete
  30. Bersykur tnda terima kasih dan kerendahan diri kita ya Mas dihadapan Sang Pencipta...

    ReplyDelete
  31. setiap hari cuba bangun dan mulakan hari yang bebas daripada keluhan

    ReplyDelete
  32. hidup harus penuh dengan rasa syukur, masih banyak orang yang kurang beruntung dibandingkan kita :)

    ReplyDelete
  33. Syukuri apa adanya, dengan tetap selalu berusaha Insya Allah Berkah

    ReplyDelete
  34. kadang kita yang sudah tercukupi ini bahkan berlebih masih saja sering mengeluh, mungkin itu sifat dasar manusia yang tidak akan puas dengan yang di dapatkannya

    ReplyDelete
  35. Saya juga kadang2 suka mengeluh mas kalau benar2 sumpek tapi kembali pada syukur pasti hati akan tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak indah. Bersyukur pasti bisa membuat hati kita akan tenang

      Delete
  36. wah inovatif bisa kang,, kebetulan saya orangnya suka mengeluh,, makasih sharenya,,, nice post n lak=njutkan sharenya,,,

    ReplyDelete
  37. terkadang tanpa kita sadari, kita sering mengeluh ya mas, misal kita terkena cobaan dan masalah. Tapi itu sangat manusiawi. Tapi alangkah baiknya kita selalu bersykur atas keadaan kita saat ini, karena kita sudah diberi nikmat yang luar biasa dari yang diatas ;)

    ReplyDelete
  38. melihat banyaknya orang yang lebih susah rasanya tidak pantas rasanya banyak mengeluh

    ReplyDelete
  39. jalan satu-satunya untuk menghindari mengeluh ( keluahan ) adalah dengan cara seslalu bersyukur,menerima apa adanya,semua apa yang terjadi pada diri kita ambil hikmahnya saja,,,pasti tidak ada lagi yang namanya keluhan.Amiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woow super sekali.. bener mbak enis. selalu bersyukur adalah kuncinya

      Delete
  40. Mungkin ini yang dikatakan "qanaah", menerima keaadan kita apa adanya sehingga selalu bersyukur.

    ReplyDelete
  41. kurangin mengeluh dan banyakin syukur ya gan, insya Allah berkah.. :)

    ReplyDelete
  42. intinya kita harus bisa bersyukur dengan segala keadaan kita
    mau susah ataupun senang.

    ReplyDelete
  43. Mengeluh adalah salah satu wujud rasa kurang bersyukurnya kita atas segala nikmat ALLAH yang sudah kita terima…..
    Keep happy blogging always…salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener sekali mas hariyantoo

      Salam juga

      Delete
  44. Syukuri apa yang ada..
    sambil tetap berusaha ke arah yang lebih baik
    trims

    ReplyDelete
  45. semua sdh ada ketentuan yg diberlakukan buat kita smua..

    ReplyDelete
  46. Bersyukur akan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Pastii... :)

    ReplyDelete
  47. Kunjunganrutin Mas Yahya. dengan perbanyak bersyukur
    Maka kita akan menjauhkan diri dari rasa mengeluh ya Mas?

    ReplyDelete
  48. saya selalu ingat pesan ini "sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" :)

    ReplyDelete
  49. intinya kita harus selalu bersyukur dalam setiap hal yaa sob
    thanks sob motivasinya :))

    ReplyDelete
  50. Saya paling telat nih membaca artikel yang memberikaninspirasi dan motivasi ini. Terimakasih Mas atas sharingnya :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama seperti saya Kang Indra,saya juga kesiangan nih berkunjung kesini hehe

      Delete
  51. etapi, mengeluh itu bisa jadi awal dari kebangkitan lho...

    ReplyDelete
  52. membaca artikel diatas, menyadarkan kita bahwa banyak orang yang lebi susah dari pada kita. dan kita harus mensukiri apapun pemberian tuhan.

    ReplyDelete
  53. dari pada mengeluh dan meratapi keadaan memang lebih baik kita berusaha untuk memperbaiki keadaan. salam kenal

    ReplyDelete
  54. mampir lagi, betah saya baca2 artikel disini :D

    ReplyDelete
  55. selalu melihat kebawah yia bos, hehehe...

    ReplyDelete
  56. Mengeluh hanya akan membuat pikiran menjadi kacau,dampaknya gairah hidup menjadi redup,kerjapun menjadi malas,kalau sudah begitu tinggal nunggu detik-detik runtuhnya kehidupan jiwa dalam ketidak pastian.,,,

    ReplyDelete
  57. jgn mengeluh karena masih ada yang dibawah kita

    ReplyDelete
  58. mengeluh merupakan bentuk ketidakpuasaan seseorang terhadap sesuatu, dan biasanya akan berdampak negatif. memang harusnya kita melihat ke bawah agar tahu bahwa kita bisa lebih bersyukur. tapi sesekali melihat ke atas juga perlu untuk dijadikan semangat demi masa depan yang lebih baik :)

    ReplyDelete
  59. Syukuri apa yang diterima, kalau pandai bersyukur Allah akan menambah nikmat...jangan suka mengeluh mungkin pemberian terbaik untuk kita

    ReplyDelete
  60. bersyukur dengan apa yg diberi ;)
    kalau masih tak cukup, dari situlah kita kena lagi berusaha..

    ReplyDelete
  61. besyukur dengan apa yang kita ada..... adalagi yang lebih susah dari kita.

    ReplyDelete
  62. bener kang yahya,hidup memang butuh perjuangan dan kita sebagai sebagai manusia jangan terlalu banyk mengeluh dengan keadaan kita,dan kita harus menysukuri,thank kang yahya info nya bermanfaat tetap semangat...

    ReplyDelete
  63. bener sekali mas mengeluh itu tidak ada gunanya, lebih baik selalu berjuang dan bersyukur....

    ReplyDelete
  64. mengeluh hanya untuk lepaskan beban :D namun jika berlebihan bisa membuat kita semakin terpurut :D sukuri apa yg ada aja :D

    ReplyDelete
  65. tapi pada kenyataanya memang kita sering mengeluh... kita bisa mengeluh kok, mengeluh, mengeluarkan unek - unek sama Tuhan bukan sama manusia heheh nice post bro...

    ReplyDelete
  66. Terkadang saya masih mengeluh gan, namun ketika melihat lingkungan sekitar sedikit demi sedikit hilang tuh perasaan tidak terima. Bener sekali, kita harus tetap bersyukur. Apalagi sudah dikenalkan blogging oleh Tuhan, ini bukan hanya kebetulan.. mudah mudahan bisa menjadi full time blogger yang berhasil

    ReplyDelete
  67. mengeluh tidak akan pernah menyelesaikan masalah. intinya tetap bersyukur dalam berbagai keadaan. salam super :)

    ReplyDelete
  68. bagus mas artikelnya :D inspiratif :D

    ReplyDelete
  69. iya betul tu
    seperti pepatah
    di atas langit masih ada langit
    eeeak :))




    ---
    Supplier Tas Batam

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES