February 13, 2015

Badan Kita Tidak Berharga Setelah di Tinggal Nyawa

Makhluk hidup atau makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami mati atau kematian. Tibanya kematian seseorang tidak bisa di tebak atau diramal. Kadang kematian seseorang ataupun kita bisa terjadi kapanpun dan di manapun, bisa saja terjadi hari ini, besok, dan mungkin minggu depan. Memang kematian merupakan ketetapan Allah yang tidak bisa ditawar lagi. Sekalipun manusia tidak mengetahui kedatangan mati, namun yang pasti semua makhluk bernyawa pasti mengalami kematian.

Mati berarti terpisahnya antara jasad dan ruh dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu saat jasad dan ruh terpisah maka jasad akan di kubur di perut bumi. Semua makhluk yang bernyawa pasti akan menghadapi kematian. Jika tak ingin mati, maka jangan bernyawa! Orang baik mati, orang jahat mati, orang kaya mati, orang miskin mati, orang pintar mati, orang bodoh mati, orang tampan & cantik mati, orang jelek juga pasti mati.


Betul Apa yg di nyayikan sama Bang Haji Rhoma Irama

Badan pun tak berharga sesaat ditinggal nyawa
Anak isteri tercinta tak sudi lagi bersama

Secepatnya jasad dipendam
Secepatnya jasad dipendam
Karena tak lagi dibutuhkan
Diri yang semula dipuja
Kini bangkai tak berguna

Dari kamar yang indah kasur empuk tilam putih
Kini harus berpindah terkubur dalam perut bumi

Kalau selama ini diri berhiaskan
Emas intan permata bermandi cahaya
Tetapi kali ini di dalam kuburan
Gelap pekat mencekam tanpa seorang teman

Terputuslah pergaulan
Terbujurlah sendirian
Diri terbungkus kain kafan

Wajah dan tubuh indah yang dulu dipuja-puja
Kini tiada lagi orang sudi menyentuhnya

Jadi santapan cacing tanah
Jadi santapan cacing tanah
Sampai yang tersisa kerangka
Begitulah suratan badan
Ke bumi dikembalikan

Kebanyakan manusia terlena sehingga lupa
Bahwa maut kan datang menjelang

105 komentar:

  1. alhmd ada yang mengingatkan :)
    makasih sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan sudah mengingan kan.. semoga dengan ini kita jadi semamngat untuk baribadah buat bekal menghadapi kematian.. :)

      Delete
    2. Aamiin..!!!

      Terimakasih udah berkunjung mas (o)

      Delete
  2. bernyanyi sambil berdakwah mengingat kematian,,,
    siapkan bekal karena maut sangat dekat dengan kita,,,,
    bukan kematian yang menjadi masalah namun dalam keadaan apa,,
    moga kita semua dalam keadaan khusnul khotimah
    amin

    ReplyDelete
  3. Lebih dari itu, bukan hanya sekedar tak berharga, bahkan menimbulkan bau busuk yang luar biasa jika dibiarkan dan tidak dikebumikan, mas Yahya. Mungkin ini menjadi pelajaran betapa bagus dan atletisnya tubuh manusia tidak berarti apa-apa jika berpisah nyawa dari badan...Terima kasih atas artikel renungan ini mas Yahya...

    ReplyDelete
  4. betul itu, semua manusia akan mati, tidak mengira usia atau darjat.. nyawa dan jasad kita hanyalah pinjaman..

    ReplyDelete
  5. Eww.. Jadi merinding bayangin badan ini jadi santapan cacing tanah :(

    ReplyDelete
  6. kalau sudah tak bernyawa tubuh kembali menjadi debu dan tanah jadi tak berharga lagi yah mas, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  7. Selamat pagi Mas Yahya, memang benar yah Mas,, apalah arti badan kita
    Jika nyawa sudah lepas dari jasad, dan untuk itu selama nyawa masih di kandung
    Badan alangkah baik nya, berbuatlah selalu di arah kebaikan menurut agama dan Negara :)

    ReplyDelete
  8. Pertamax gak yah di artikel tentang kematian ini..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belum beruntung mas saud,, :-d

      Delete
  9. gambarnya serem banget. hehe
    ibarat mobil tak bermesin, sebagus apapun itu mobil tidak berarti jika tanpa mesin. begitu juga dengan kita ya, badan yang gagah wajah rupawan semua itu tak bernilai sama sekali jika sudah tak bernyawa lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas budi.. ;(

      Tubuh yg indah, ganteng, cantik. semua itu tak bernilai sama sekali jika sudah di tinggal nyawa..

      Delete
  10. Ketika jasad dan ruh terpisah, tubuh kita hanyalah seonggok daging yang tak berguna..
    Keren artikelnya sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah betul sekali mas heri ;( ;(

      Tubuh yg indah, ganteng, cantik. semua itu tak bernilai sama sekali jika sudah di tinggal nyawa..

      Delete
  11. Sudah tak berarti saat jasad tanpa jiwa dan saat itulah sudah pasti nasib manusia bahagia maupun celaka. Hanya pada saat jasat masih berjiwalah ada kesempatan merubah nasib celaka menjadi bahagia.
    Hanya dengan kurnia yag di barengi usaha manusia nasib celaka bisa di rubahnya menjadi bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah betul sekali mas musjono

      Delete
    2. Kurnia Tuhan harus bersamaan dengan Upaya manusia untuk terwujudnya karena Allah tidak mengubah nasib suatu kaum kecuali mereka sendiri yang mengubahnya

      Delete
    3. Bener bener banget mas. ! (o)

      Delete
  12. Jadi ingat sabda Nabi Muhammad saw,
    Kalo yg akan menyertai kita diakhirat hanya amal kita.
    Krn jasad, keluarga dan harta kita tinggalkan. Sllu ingat mati, menjadikan hidup lebih bermanfaat, makasih mas, mengingatkan kita

    ReplyDelete
  13. Benar juga ya nih mas,,,
    badan kita jadi gak berharga lagii :(

    ReplyDelete
  14. astagfirullah..!, bila waktu tlah memanggil..teman sejati tinggallah sepi..(Opick)

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Kalau raga ditinggal nyawa
    Bukan ditemani orang-orang didunia
    Tapi akan bersama pahala
    Yang akan melayani setia
    Dengan nyaman sampai disurga

    ReplyDelete
  17. mati bukanlah akhir, tapi bisa juga menjadi awal untuk kehidupan selanjutnya

    ReplyDelete
  18. Sesuatu yang Pasti di dunia ini ya,
    Nyiapin bekal, kadang masih suka lupa ;-(

    ReplyDelete
  19. mantap banget nih, buat motivasi untuk selalu introspeksi diri serta mempersiapkan amal ibadah..

    Ijin follow blognya mas, jangan lupa follback ya :)

    ReplyDelete
  20. kita hidup di dunia cuma mencari amal dan pahala, jadi selagi kita masih hidup lakukan lah hal2 yang tidak mengandung unsur maksiat :D betul tidak mas?

    ReplyDelete
  21. benar sekali bos, tubuh kita ga ada artinya lagi setelah kita mati, hanya perbuatan baik yang bisa mengenang kita yia bos...

    ReplyDelete
  22. benar mas,, sesuatu yang pasti akan terjadi dalam kehidupan kita adalah kematian,, karena itu jangan kita sia-siakan hidup ini hanya untuk berhura-hura semata,,

    ReplyDelete
  23. luar biasa mas renungan nya. Semoga kita sadar semua ya bahwa kita hanya sebentar saja hidup di dunia ini, jadi harus ingat akherat agar kita selamat di alam sana kelak :)

    ReplyDelete
  24. Jangan kan kontrakan. istri anak dan raga pun ikut di tinggalkan.hanya Amal yang kita bawa.trims sudah mengingatkan

    ReplyDelete
  25. thanks sharenya mas., sangat bermanfaat untuk saya, jadi mengingatkan saya

    ReplyDelete
  26. sama sepertinya sebuah sepeda motor tanpa bensin ya gan

    ReplyDelete
  27. Akan tiba saatnya masing-masing. kita semua tidak tahu kapan waktu itu tiba. selagi diberi kesempatan selayaknya dipergunakan sebaik mungkin. Ibadah dan Amalan kita perlu ditingkatkan. terima kasih, mas. jadi pengingat bagi saya dan pembaca.

    ReplyDelete
  28. artikel ini mengajarjan kita untuk selalu ingat dengan yang diatas yah mas karena hidup dan mati kita ditentukan oleh yang diatas.

    ReplyDelete
  29. makanya kita selalu diingatkan untuk mengingat mati....semoga saja kita selalu ingat mati...agar bisa mati dalam keadaan islam dan beriman kepada ALLAH SWT dan Rasul-NYA.....Keep happy blogging always…salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah betul sekali mas hariyanto..!!

      SALAM SUKSES ya?? :)

      Delete
  30. benar sekali gan, apa artinya raga ini tanpa nyawa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada artinya sama sekali mas kalau raga di tinggal nyawa..

      Delete
  31. lirik bang Haji yang selalu menggugah jiwa, makasih pencerahannya

    ReplyDelete
  32. makanya sebelum nyawa kita pergi dari raga kita, gunakanlah waktu sebaik mungkin...

    BTW, selamat ya sob, blogmu terpilih menjadi "Guest This Week"nya Penghuni 60, alias bakal dipajang seminggu full di halaman dpn, cek di sidebar kanan atas ya... semoga bermanfaat... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah terimakasih sob,, sudah memilih bloku ini menjadi Guest This Week.. sekali lagi terima kasih//!! :)

      Delete
  33. Semoga sebelum nyawa meninggalkan tubuh kita. Kita sudah siap dengan semua bekal ya mas. Amin

    ReplyDelete
  34. tertunduk saya dibuatnya oleh artikel ini, sekaligus manggut manggut baca lirik bang haji tentang begitu tak berharganya badan ini setelah ditinggalin nyawa... :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul berapa saya coba?
      lulus euy....
      (c)

      Delete
    2. Maksutnya betul karena. begitu tak berharganya badan ini setelah ditinggalin nyawa.

      ada ada saja nih mas cilembu. :-)

      Delete
  35. bener banget tuh lagu bang haji rhoma irama (h)

    ReplyDelete
  36. Keren benar Sob postingannya.
    Ini untuk menyadarkan kita agar jangan berlaku sombong,
    Kalau sudah mati tinggal semua duniawi

    Terimakasih teman kami sudah diingatkan

    ReplyDelete
  37. yang penting dengan cara bagaimana matinya ya mas, khusnul khotimah atau sebaliknya su'ulkhotimah,
    harapannya adalah semoga khusnul khotimah

    ReplyDelete
  38. Semoga kita bisa menjadi penghuni syurga nanti ya mas

    ReplyDelete
  39. kita tak tahu bilaaaa akan mati....bersedialah dengan bekalan untuk akhiat...

    ReplyDelete
  40. Kalo badan ditinggal nyawa namanya jadi bangke hehe... :D

    ReplyDelete
  41. Replies
    1. Badannya gak bisa apa2. tapi kalo ruhnya masih bisa..

      Delete
  42. ini pembelajaran supaya kita tidak sombong dan tetap rendah hati :)

    ReplyDelete
  43. hanya amal ibadah yg berkekalan hingga kiamat ...

    ReplyDelete
  44. jadi kita harus bersykur ya mas kalau punya badan sehat dan bugar dengan cara berbuat kebaikan dan ibadah dengan baik agar kita selamat kelak :)

    ReplyDelete
  45. Judulnya " Sebujur Bangkai " ( kalau tidak salah yah Kang ) Lagu tersebut buan hanya enak didengar tapi juga isinya merupakan sebuah peringatan untuk kita semua,bahwasanya apabila raga kita sudah ditinggal nyawa,hanyalah sebujr bangkai yang sudah tidak berharga lagi,kecuali amal kebaikan kita yang akan menyertai kita di Akherat,,,
    Nice post

    ReplyDelete
  46. kita wajib bersyukur karena masih diberi kehidupan (h)

    ReplyDelete
  47. bener banget, artikel yanjg mantaff ^^ (f)

    ReplyDelete
  48. Bersyukur masih diberikan nyawa, sebisa mungkin melakukan hal yang terbaik dan benar

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES