May 5, 2014

Rajinlah Minum Kopi. Karena Bisa Mencegah Pikun

Kopi adalah minuman yang disukai oleh banyak orang termasuk saya, saya juga sangat suka dengan kopi, apalagi kalau dikonsumsi bareng singkong rebus atau singkong goreng, wah pasti mantap, apalagi kalau waktu hujan hujan gini, tambah sip deh. Pasti kalian juga suka kan mengkonsumsi kopi? Iya kan? Iya aja deh :)


Kandungan kafein di dalam kopi mampu memberikan energi, serta meningkatkan daya fokus kita. Selain manfaat tersebut, ternyata rajin minum kopi di usia muda bisa menghindarkan kita dari penyakit pikun di usia tua. Minum 3 cangkir kopi setiap hari mampu menurunkan risiko Pikun lho.

Senyawa di dalam kopi ternyata mampu melindungi kesehatan otak kita. karena merupakan zat antioksidan. Sementara kafein mencegah pembentukan plak amiloid dan kerusakan neurofibrulary yang menjadi penyebab dari penyakit pikun.

Walaupun kopi bisa membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun tidak berarti pula bahwa kita harus minum kopi sebanyak banyaknya. Sebab terlalu banyak kandungan kafein di dalam tubuh pun mampu membuat jantung kita berdebar debar dan sulit untuk beristirahat. konsumsilah kopi sewajarnya saja, agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

80 komentar:

  1. Mantab mas Yahya...Minum kopi bisa mencegah pikun (alzheimer)...Tapi saya keliwatan mas. lebih dari 3 cangkir sehari....hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan sampai keliwatan pak.. gak baik lho... hehehe :-d

      Delete
    2. Saya tidak kurang 3 x sehari minum kopi yang seringnya 2 x sehari. MasYahya Wah Pak Udak ternyata sama kaya saya suka kopi yah..? (c)

      Delete
    3. Iya pak uda juga pecinta kopi :d

      Delete
    4. Waduh kopinya masih mendidih tuh kayaknya Kang Wong.. :d

      Delete
    5. Sudah dingin sudah saya rendam di dalam sumur tadi
      Udah dingin beneran deh

      Delete
    6. Direndam di sumur mana kang?? :-)

      Delete
  2. wah ini sangat menarik, kalau begitu saya termasuk orang yang beruntung karena ini kopi memang sudah menjadi kebiasaan yang saya minum terutama setiap pagi kadang juga sore
    mantap gan, trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul, kang PPI termasuk orang yg beruntung. (o)

      Delete
  3. waduh kalau saya lebih dari 3 gelas sehari ... gimana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum 3-5 cangkir kopi setiap hari sudah cukup. tapi jangan kebanyakan mang yono. bisa2 gak bisa tidur lho :-)

      Delete
  4. Selain pencegah ngantuk, ternyata kopi juga bisa mencegah pikun juga..baru tahu..
    tks infohnya mas :)

    ReplyDelete
  5. saya kadang minum kopi mas, tapi baru tahu ternyata kopi bisa mencegah pikun yah, trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. kopi bisa mencegah pikun. okeee sama2 kang muroi :)

      Delete
  6. Alhamdulilah sampai sekarang saya masih minum kopi 2 x sehari ternyata bisa mencegah Pikun ya Mas? makasih atas tips sehat nya Mas salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya.. oke sama2 kang saud :)

      Delete
  7. boleh juga ulasan diatas, kopi memang minuman yang membuat candu bagi penikmat minuman ini, tapi sayangnya minuman ini tidak baik buat orang yang ada masalah di sekitar lambungnya, bukannya enak minum kopi tapi rasa mual yang akan didapatkannya..

    ReplyDelete
  8. Wah kalo urusan minum kopi sih, saya mah bukan rajin lagi mas, kerajinan minum kopi malahan bahkan dah terlalu over kayaknya nie... makan aja paling 2x sementara ngopi pagi, siang, sore, malem bahkan bisa nambah lagi pas dini hari :D

    ReplyDelete
  9. Hari nie aja saya dah empat kali ngopi mas...
    pagi ngopi white coffee, siang pas pulang Jum'atan ngopi item warisan karuhun cap "Kapal Api", ba'da Ashar ngopi white coffee lagi, ama sekarang nie lagi ngopi item warisan karhun lagi, da eta we cap "Kapal Api" keneh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ngopi melulu nih kang marnes.. sekali kali ajak saya ngopi donk kang :))

      Delete
  10. Artikel cocok banget buat saya. Perlu langsung di coba nih kang.. makasih kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kang yanto berapa kali sehari mnum kopi ? :-)

      Delete
    2. Mungkin kang yanto setiap jam minum kopi. :-#

      Delete
    3. Waduh.. nyemilin kopi. lebih baik nyemilin batu aja kang.. =))

      Delete
  11. kalau saya jarang sekali minum kopi.. setelah tau dalam artikel ini kopi bisa mencegah kepikunan, harus digiatkan lgi mnum kopinya hehhe ,trimss mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okee sama2 kang hary. tapi jangan kebanyakan ya.. :-)

      Delete
  12. kalo ini saya banget, ini lagi ngopi, wis mantep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopi apa kang?? kopi luwak apa kopi curut :-)

      Delete
  13. wah... ternyata minum kopi juga bisa mencegah pikun, saya kira cuma bisa menghilangkan kantuk saat begadang.

    ReplyDelete
  14. Yap setuju. Tapi saya minum kopi cuman kalau ditraktir aja sih hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. ayo ngopi. saya traktir deh. nanti saya kasih 1 cendok kopi :-)

      Delete
  15. cuma sayang'y aku ga suka kopi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah sangat di sayangkan ternyata gak suka kopi to? :-) padahal banyak banget lho manfaatnya :)

      Delete
  16. wahhh keren ternyata kopi bisa mencegah pikun ya sob langsung Bikin Kopi ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeee siapp kang :D tapi nanti kira" kirim nya via apa ? :D

      Delete
  17. Kalo masih kecil kaya saya apa boleh minum kopi mass ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh donk.. tapi jangan sampai kebanyakan minumnya :)

      Delete
  18. wih ,,,,, gtu tho ternyata ,,, hehehe ,,, sy jarang ngopi nih ,,hehe

    ReplyDelete
  19. pantas sj sy sering lupa..ternyata penyebabnya ini toh..!:)

    kalao menurut cerita tetangga sy nih Mas Yahya..!, kalo byk bikin kopi bisa memicu byk anak juga mas.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ada ada saja tetangganya kang aldino ini :-)

      Delete
  20. haha.. kontropersi juga nih, kalau saya ga minum kopi mas darah saya ga terkontrol walau hanya 0.8 mg yg terhisap tubuh, kopi bagi pengidap penyakit tertentu memang berbahaya, saya sangat iri pada mas yahya yang sehat bebas minum apapun tanpa pantangan.. trims ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata gak minum kopi karena mengidap penyakit to..

      Delete
    2. justru harus diperbanyak TEH SANTI biar sembuh hehe

      Delete
  21. kalau begitu minum kopi ini lebih banyak manfaatnya atau tidak ya mas? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih banyak manfaatnya donk mbak. tapi jangan sampai minumnya kopi kebanyakan. :)

      Delete
  22. saya kalo ke warung lebih suka pesen es susu mas.. saya rasa lebih banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu jg gpp. tergantung kesukaannya apa ya :)

      Delete
  23. benar banget ini mas.. saya sudah tau dari lama sih kalau minum kopi bisa mencegah pikun... tapi yang saya herankan mas.. kenapa lupa saya itu yang gak hilang-hilang mas... :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh lupa karena apa kang?? hehehe

      Delete
    2. yaa lupa aja mas... terkadang lupa kunci motor letak dimana atau yang lain-lain mas..

      Delete
  24. saya kurang suka kopi, sukanya jus alpukat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga jus alpukatnya, bagi donk :d

      Delete
  25. wah saya kalau ngopi sehari bisa habis 4 gelas lho,berarti kebanyakan tuh,,,semoga saja saya tidak gampang pikun kan suka ngopi hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3-5 gelas sehari, mungkin standar ya kang. gak kebanyakan kok

      Delete
  26. Pokoknya kopi menjadi teman saat pagi hari :-D

    ReplyDelete
  27. keanehan saya, sering lupa nama orang namun orang masih tetap ingat. kata kawan ini gejalan pikun yang nantinya bisa bertambah parah. kalau benar kopi bisa mencegah pikun, kayaknya kudu ngopi lagi nih mas. ok makasih telah berbagi pencerahan dan salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
  28. Replies
    1. Wah sayang banget ya gak suka ngopi.. :-)

      Delete
  29. sekarang saya juga mau minum kopi lagi ah...
    kopi susu

    ReplyDelete
  30. Kebetulan skrng juga gi ngupi mix nih mass hehe

    ReplyDelete
  31. Lah trnyata besar juga manfaat rotin mengkonsumsi kopi. Selama ini kuatirnya sama mudorot dari kopi saja saya. Padahal kopi yang rutin diminum takaran sewajarnya begitu besar manfaatnya. Sering kangen sama kopi pahit saya, ada keasikan tersendiri menikmatinya saat menemukan rasa gurih diantara rasa rasa pahitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas tidak semua yang ada dikopi itu berbahaya seperti apa yang dijelaskan kebanyakan orang....kalau kebanyakan memang berbahaya, jangan ngopi kalau makan aja kebanyak akan berbahaya...iya kan admin?

      Delete
  32. selama gak berlebihan, konsumsi kopi memang ada manfaatnya :)

    ReplyDelete
  33. yah memang kopi bisa mengurangi pikun...tapi kalau kebanyakan bahaya juga kali ya gan? tapi kalau 2 sampai 3 gelas sehari kayaknya masuk dalam hitungan wajar gan...ok makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2-3 gelas masih normal...? gelasnya seberapa besar bro..kalau gelas ukur di POM bensin misalnya,...mantaap bener donk

      Delete
  34. minum kopi bisa mengurangi resiko pikun,..mesti di coba nich...saya malah kelewat doyan sama yang bikin fly...terima kasih kawan atas infonya...

    ReplyDelete
  35. kebeneran banget ni saya kan doyan kopi, sehari bisa sampai 3 kali ngopi....mantaps sharenya gan.

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES