April 11, 2014

Jangan Sampai Hati Kita Keras Seperti Batu

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna di dunia ini dan yang paling menarik untuk diamati dan dipelajari. Allah menciptakan makhluknya sangatlah lengkap dengan segala bentuk fisik, sikap dan juga sifat yang berbeda satu sama lain. Dan kita sebagai manusia diberikan kemampuan untuk mempelajari semuanya.

Hati merupakan cerminan hakikat pemiliknya. Ketahuilah sesungguhnya di dalam tubuh kita ada segumpal darah, apabila dia baik maka baiklah seluruh tubuhnya, dan apabila dia rusak, maka rusaklah seluruh tubuhnya. Bahwa segumpal darah itu adalah hati.

Baca Juga Artikel : Jaga Mulut Supaya Tidak Tajam Seperti Pisau

Hati adalah sumber penalaran, tempat pertimbangan, tumbuhnya cinta dan benci, keimanan dan kekufuran, taubat dan keras kepala, ketenangan dan kegoncangan. Hati juga sumber kebahagiaan, jika kita mampu membersihkannya, namun sebaliknya merupakan sumber bencana jika menodainya. Aktivitas badan sangat tergantung lurus bengkoknya hati.


Orang dengan hati yang susah untuk menerima nasihat atau pemikiran-pemikiran yang positif. Pemikiran dan hatinya sudah terjerumus dalam fanatik sempit terhadap apa yang dia yakini. Orang yang telah mengeras hatinya. Kemudian setelah itu hatinya menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi.

Di antara sebab kerasnya hati adalah :
1. Malas melakukan kataatan dan amal kebaikan
2. Berlebihan mencintai dunia dan melupakan urusan akhirat
3. Terbiasa dengan kemaksiatan dan kemungkaran
4. Melakukan kemaksiatan serta tidak melaksanakan kewajiban
5. Berteman dengan orang yang jelek akhlaknya

Agar hati yang keras menjadi lembut :
1. Mengenal Allah melalui nama-nama, sifat-sifat, dan perbuatan-perbuatan-Nya
2. Membaca Al-Qur’an dan merenungi kandungan maknanya
3. Banyak berdzikir kepada Allah
4. Memperbanyak ketaatan
5. Menjauhi perbuatan-perbuatan maksiat
6. Sering mendengarkan nasehat
7. Mengingat kengerian hari kiamat
8. Berdoa kepada Allah, dan meminta ampunanNya

67 komentar:

  1. aq termasuk orang yg punya watak keras mas,makasih artikelnya akan kucoba melalukan triknya agar menjadi sedikit lembut

    ReplyDelete
  2. jadi singkatnya tombo hati ada 8 perkara ya.. simpel dan padat berisi pstingnya

    ReplyDelete
  3. Keren banget mas Artikelnya, menginspirasi banget nih (h)

    ReplyDelete
  4. wah kalau hati kita keras seperti batu, dada kita akan sesak untuk bernafas ya mas. hehe
    terima kasih sharenya..

    ReplyDelete
  5. Semoga Allah tidak menjadikan hatiku sekeras batu..

    ReplyDelete
  6. jadi kita tidak boleh berteman terlalu dekat sama orang yang punya hati yang eras ya gan,,,, hmm,,, boleh juga nih tipsnya

    ReplyDelete
  7. orang biasanya akan merasa lebih baik setelah melakukan perbuatan baik pada orang lain.

    ReplyDelete
  8. Assalaamu'alaikum wr.wb, Yahya....

    Manusia yang berhati keras tidak akan mudah untuk bersifat ihsan dengan orang lain dan makhluk sekeliling. Hasilnya akan berlaku kejam, aniaya dan tidak suka kepada apa yang menggugah dirinya.

    Untuk melembutkan hati, banyakkan menangis mengenangkan dosa diri agar kita selalu merasa diri lemah di sisi Allah dan diri ini hanyalah seorang hamba.

    Terima kasih untuk ingatan yang berbobot. Semoga beroleh ganjaran dalam rahmat Allah SWT

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  9. iya jangan sampek deh hati kita kyk gitu.. mau berteman sama siapa klo hati kita keras banget... ini biasanya orang yang egois gk pernah peduliin orang lain.. astaghfirullah [-(

    ReplyDelete
  10. ada gk ya di dunia ini punya hati kyk gitu? bijimana coba hidupnya.. gk kebayang ane gan ;-(
    jadi orang yang lunak aja deh slma di dunia ini biar slamt ketika di akheratnya :D

    ReplyDelete
  11. subhanallah.. Terimakasih sudah mengingatkan.. terkadang memang kehidupan dunia membuat kita lupa.

    ReplyDelete
  12. Kemarin sudah belajar ttg jg mulut, skg jaga hati... pd akhirnya banyak juga ya yg musti dijaga... dasar manusia.. :-s

    ReplyDelete
  13. Orang yang keras hati kadang cenderung untuk menjadi sombong :)

    ReplyDelete
  14. bener gan jangan keras hati..
    terimakasih atas infonya.

    ReplyDelete
  15. ternyata kita dianjurkan untuk memiliki hati yng lemah lembut, karena hidup tdk sendiri ya Mas, jauhkan hati yang keras seperti batu karena tdk akan mudah bersatu dg masyarakat sekitar ya Mas, sip mas pencerahannya

    ReplyDelete
  16. Semoga hati saya tidak keras seperti batu
    amien


    ijin follow bos
    ditunggu follbacknya
    biar enak jalin silaturrahminya

    ReplyDelete
  17. Jika kita bersikap seperti batu, dalam artitidak bisa untuk saling merendah
    Dalam kebaikan maksudnya. jadi orang yang pemaaf dan janganlah bersikap
    Seperti Batu, bagus artikelnya Mas Yahya, sangat menginfirasi sekali buat saya :)

    ReplyDelete
  18. Sepertinya saya gak dapat Pertamax nih diartikel tentang
    Watak pada pada Manusia ini :)

    ReplyDelete
  19. kalau keras, jadi nya kita ikut keras kepala ya mas, jadi harus serahkan diri kepada-Nya :)

    ReplyDelete
  20. hati lah yang mengoptimalakan hidup ini. jadi jaga hati kita ne agar tidak rusak oleh sifat buruk.. (o)

    ReplyDelete
  21. artikel yg sangat bermanfaat, terimakasih udh mengingatkan :)

    ReplyDelete
  22. semoga kita termasuk orang-orang yang berakhlak ya, jangan sampai hati kita penuh dengan prasangka buruk.

    ReplyDelete
  23. aku sepertinya berhati keras batu tetapi terhadap orang yg selalu melakukan kesalahan yang sama :)

    ReplyDelete
  24. aku bersyukur diciptakan sbg orang yg punya watak lembut. .hehe

    ReplyDelete
  25. hati yang keras, bisa bikin kita mudah marah dan juga keras kepala ya mas, jadi kalau bisa kita punya hati yang lunak ;)

    ReplyDelete
  26. Kadang-kadang kalo ketemu sama orang yang hatinya keras, suka introspeksi diri.. Rasanya kok ngga enak banget digituin. Heheh..

    ReplyDelete
  27. mudahan saya termasuk orang mempunyai hati yg selalu lembek sesama manusia :d

    ReplyDelete
  28. Maaf sob baru bisa mampir...
    Bermanfaat sekali nich artikelnya. semoga saya bukan termasuk orang yang mempunyai hati seperti batu :)

    ReplyDelete
  29. Bersabar dalam hal apapun . Sabar adalah obat paling mujarab..

    ReplyDelete
  30. kalau hati kita keras, kita jadi sulit untuk beramal baik ya mas ;)

    ReplyDelete
  31. Izinkan saya menambahi penyebab hati keras: terlalu banyak bercanda.

    ReplyDelete
  32. kerasnya melebihi batu nanti :d

    ReplyDelete
  33. ...setuju..kr semuanya berawal dr hati...

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES