April 13, 2014

Jagalah Hati Kita

Hati adalah tempat yang sangat rentang untuk bertumbuhnya benih benih yang tidak baik, oleh karena itu kita harus selalu bisa menjaga hati kita dengan sebaik baiknya. Karena dalam hati yang jahat tersimpan benih kecurigaan, iri hati, balas dendam, kesombongan, kedengkian, serta amarah.

Kita tentu sudah mengetahui bahwa akal pikiranlah yang membuat manusia berbeda dengan mahkluk yang lain. Karena akal manusia menjadi lebih mulia. Tapi kita juga harus ingat bahwa selain akal, Tuhan juga menciptakan hati.

Hati berfungsi sebagai peringatan pribadi yang selalu jujur dalam memberi nasihat. Karena itu menjaga kejernihan hati merupakan hal yang sangat penting. bahwa kita harus menjauhi prasangka buruk atau negatif. Prasangka hanyalah perkiraan kita saja yang belum tentu benar dan tentu saja hal ini akan membuat kita berpikir yang tidak tidak tentang orang lain.



Sedikit saja terbuka kesempatan, maka benih benih itu akan mulai berakar dan bertumbuh cepat, pada akhirnya akan menguasai hidup kita. Karena itu jagalah hati kita dengan segala kewaspadaan dan janganlah diberi kesempatan kapada pikiran pikiran yang jahat untuk masuk ke dalam hati kita. 

Baca Juga Artikel : Jangan Sampai Hati Kita Keras Seperti Batu

Jika hal ini terjadi maka sama artinya dengan kita meneteskan noda hitam pada hati kita yang bersih. Karena itu kita harus menjaga hati kita dari hal kecil yang bisa mengotori hati kita. Hati merupakan cerminan diri kita. Jika kita punya niat yang tidak baik tentu saja hati lah yang akan menolak dan tidak membenarkan.

Sudah seharusnya kita berusaha untuk selalu menjaga kebersihan hati. Hati yang jernih membuat kita selalu berpikir positif terhadap orang lain. Tidak ada prasangka yang bisa mengakibatkan perselisihan. Berperasangka baik akan membuat kita lebih semangat dalam menjalani hidup. Perilaku kita merupakan cerminan hati kita. Sudah saatnya menjadi pribadi yang mempesona dengan memiliki hati yang jernih dari prasangka buruk terhadap orang lain.

63 komentar:

  1. hati kita adalah tempat yang rentan tempat penyakit sifat yaitu suka iri, mender, sombong, angkuh, jadi dengan hati ini kita harus lah selalu optimal tuk menjaganya agar tidak memiliki penyakit sifat yang buruk dan jangan smpai ternodai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jagalah hati jangan kau Nodai, bersihkan hati untuk kita melangkah
      Dalam kebersihan hati, jika hati kita bersih maka seluruh Anggota
      Tubuh pun akan bersih, tetapi jika hati kita kotor itu akan sebaliknya :)

      Delete
    2. lagu sederhana yang sangat mencerahkan dan maknyes sampe ketulang sumsum, bagi yang baru saja berbuat salah mendengar jagalah Hati ini pasti bakalan brebesmili air matanya

      Delete
  2. pertamaax :D betul sekali mas kadang kala hati dan pikiran bertolak belakang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yah Mas Alan kadang-kadang saya pun demikian, tapi berkat
      Artikel Mas Yahya ini, saya jadi paham dengan menjaga hati :)

      Delete
  3. wah melihat ilustrasi gambar di atas jadi ngeri lihat gambaran hati yang keras hitam legam

    terima kasih sudah dihare ilmunya tentang menjaga hati biar tidak keras seperti batu

    ReplyDelete
  4. Bicara soal hati, cara alternatif untuk menjaga hati kita adalah banyak banyak istigfar :)

    ReplyDelete
  5. Benar sekali Kang, kita harus selalu belajar dan berusaha untuk menjaga hati

    ReplyDelete
  6. jadi inget sama lagu apa tuh yang,, jagalah hati, jangan kau kotori... hihihi

    ReplyDelete
  7. Gimana cara mendetek hati kita ada noda hitamnya tau enggak ya...

    ReplyDelete
  8. Bersihkan hati, walaupun sedikit dan sekecil debupun, karena hati yang kotor
    Maka akan mudah, memicu syirik iri dengki hasut fitnah dan sipat buruk lainya
    Sangat menginsfirasi sekali artikelnya Mas Yahya, ini bisa di jadikan Renungan
    Untuk kita semua, terima kasih atas Pencerahan dalam artikel ini, salam santun :)

    ReplyDelete
  9. Betul banget gan, benih kejahatan itu cepet banget tumbuhnya, baru beberapa jam aja, kebencian itu sudah benar-benar terasa.

    Kalau cara ane untuk membersihkan hati ane yang kotor adalah dengan beribadah dan ngeblog gan. Bagi ane ini sangat efekif gan, selain mengurangi benih kejahatan, juga dapat menumbuhkan beinh kebaikan.

    ReplyDelete
  10. Saya setuju mas, kita perlu selalu menjaga hati kita agar selalu berada dalam ridho Ilahi Robbi.

    Senoda hati itu akan menodai dari ketajaman batin seseorang.

    maka ia susah untuk melakukan berprangsaka baik.

    Nah, kalau diperlukan ini dirukyah.Karena ada yang namanya penyakit hati, seperti iri, benci, yang udah sedikit diulas oleh mas.

    Kalau bisa sih saya sarankan ada dalilnya biar argumentasinya lebih kuat udah gitu tambahkan juga lirik lagu jagalah hati dari Aa Gym, hehe

    ReplyDelete
  11. saran,
    lebih bagus klo nulis artikel agama itu pake hadits atw al quran n perkataan para ulama :)
    ---
    Benarlah perkataan al-imam ibnul qåyyim, “Hati adalah ibarat raja bagi anggota tubuh”. Jikalau hati itu lalai, maka apa yang diucapkan oleh lisan dan apa yang diperbuat oleh anggota tubuh adalah hal yang melalaikan. Jikalau hati itu dzikrullåh (mengingat Allåh), maka apa yang diucapkan lisan dan apa yang diperbuat oleh anggota tubuh adalah amalan shålih.

    ReplyDelete
  12. Hati emang harus dijaga biar teteap bersih :D

    ReplyDelete
  13. bener bgt gan, hati baik pikiran dan perbuatan pun mengikuti

    ReplyDelete
  14. sesuatu perbuatan atau sikap berawal dari hati :)

    ReplyDelete
  15. Menjaga hati itu gampang gampang susah mas. . Punya niat jelek dikit saja sudah menodai hati kita. Jadi harus ekstra menjaga hati kita ya mas.?

    ReplyDelete
  16. seperti lagunya aa gymm, :>) jaga lah hati jangan kau ingkari jaga lah hati lentera hidup ini hee

    ReplyDelete
  17. mantap artikelnya, salam kenal :D

    ReplyDelete
  18. benar sekali mas, kalau hati udah jd hitam susah bersihinnya.

    ReplyDelete
  19. Hati berpengaruh besar tehadap prilaku kita yah, mas. kalau tidak bisa ngontrol, keburukan nantinya bisa mengakar dalam hati kita. tentu makin sulit menghindarinya, jatohnya kebiasaan.

    ReplyDelete
  20. hati itu di kendalikan oleh pikiran kita, jadi berhati - hatilah menggunakan pikiran :))

    ReplyDelete
  21. saya tidak bisa mas soal nya serinh sakit hati hahahaha

    ReplyDelete
  22. Selain berpikir secara logika memang seharusnya diimbangi dengan hati nurani. Sehingga apa yang akan kita pikirkan dan kerjakan bisa tulus ikhlas sehingga memberikan banyak manfaat baik bagi sendiri maupun bagi orang lain serta tentunya agar mendapat ridha dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  23. Setuju, Bang..
    Kalo hati diisi dengan dengki, dendam, sirik dll yang sifat tercela, pasti bikin tabiat jadi makin buruk.. :( Satu-satunya cara adalah mendekatkan diri kepada-Nya 5x dalam sehari. Kalo aku masih berproses banget ke arah sana :)

    ReplyDelete
  24. Saya sih intinya selalu positive thinking saja, semua hal yg dilakukan pasti berawal dari hati ..

    ReplyDelete
  25. mantap gan :D
    keep posting (y)

    Cerita Dewasa Terbaru

    ReplyDelete
  26. pencerahan : didalam tubuh kita terdapat segumpal daging,apabila segumpal daging tersebut rusak,maka rusaklah perilaku diri ini.untuk itu pandai-pandailah menjaga segumpal daging tersebut ( Hati )

    ReplyDelete
  27. semoga kita kita dapat memelihara hati dengan baik,...

    ReplyDelete
  28. pencerahan hati yang kata orang hati saya suka sekeras batu, moga azh setelah baca jagalah hati dari sini ini hati saya ngga sekeras batu lagi...do'ain saya yah.

    ups...saya cek follownya ko'saya belum follow ya....hadeuh

    ReplyDelete
  29. Kalau hati bersih pikiran pasti ikut bersih juga sob :)

    ReplyDelete
  30. hati memang perlu dijaga ya mas agar kita lebih dekat dengan yang diatas ;)

    ReplyDelete
  31. kalo hati nya bersih pasti hidup nya tenang ya sob (h)

    ReplyDelete
  32. Menjaga hati menjaga pekiran dan perbuatan...

    ReplyDelete
  33. Kunjungan dini hari Mas Yahya,kembali baca nasihat tentang
    jagalah hati kita, semangat terus Mas Yahya

    ReplyDelete
  34. Betul-betul Mas Yahya, semoga hati kita selalu bersih ya.

    ReplyDelete
  35. Hati adalah cermin, tempat pahala dan dosa berpadu.....

    ReplyDelete
  36. hati memang harus dijaga yia bos...

    ReplyDelete
  37. Jagalah hati...jangan ko kotori
    Jagalah hati...lentera hidup ini..gitu ya sob :D

    ReplyDelete
  38. bersama kita menjaga hati agar ianya tidak kotor..

    ReplyDelete
  39. Assalaamu'alaikum wr.wb, Yahya....

    Kita seharusnya berusaha menjadi baik hati agar apa yang muncul dari hati yang baik akan terpantul kepada peribadi mulia dan sentiasa redha. Hindari sakit hati kerana ia membenih jiwa iblis yang sengsara dek cemburu buta kepada pada manusia yang mulia dan bertaqwa.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  40. Segala sesuatu perbuatan awalnya dari hati, kalo hati bersih pasti akan baik :)

    ReplyDelete
  41. setiap saya blogwalk ke blog sahabat, ,, saya selalu tertarik dengan artikel2nya,, jadi insfiratif dan penyejuk hati agar lebih baik lagi,,,makasih bang

    ReplyDelete
  42. Setelah hati saya bisa terjaga maka saya simak lagi
    Artikel Mas Yahya ini, salam sukses terus Mas Yahya
    Di tunggu artikel barunya :))

    ReplyDelete
  43. Jagalah hati, karena hati adalah lentera hidup ini. Jagalah hati supaya ucapan, tangan dan kaki ini ikut terjaga. super sekali mas yahya.

    ReplyDelete
  44. Baca judulnya jadi ingat lagu Aa Gym :)

    ReplyDelete
  45. Selamat malam Mas Yahya, tetap semangat, dan tetaplah
    Jaga hati untuk kebiakan agar lebih baik salam sukses :)

    ReplyDelete
  46. jagalah hati, jangan kau kotori, jagalah hati cahaya hidup ini :D

    ReplyDelete
  47. menjaga hati kita dan orang lain.. :)

    ReplyDelete
  48. menjaga hati dari segala perbuatan jelek.

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES