April 28, 2014

Makna Persahabatan

Sahabat adalah seseorang yang mau menunjukkan di mana letak kesalahan kita, bukan seseorang yang membicarakan kita dari belakang dan membiarkan kita tetap dengan kesalahan yang kita pernah buat tanpa tahu apa yang salah pada diri kita. Apa yang kita alami demi teman ataupun sahabat kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai serta arti yang indah.

Persahabatan tidak terjalin secara instan tetapi membutuhkan waktu yang lumayan lama. Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman, mulai dari suka maupun duka, dihibur maupun disakiti, diperhatikan maupun dikecewakan, didengar maupun diabaikan, namun semua itu tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian. Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain.

Sahabat adalah seseorang yang ingin kita menjadi lebih baik.
Sahabat adalah seseorang yang membuat kita berpikir positif dan tidak berprasangka buruk. Namun yang pasti Sahabat adalah manusia biasa yang tidak lepas dari salah dan lupa juga.

Maka, Sahabat yang baik adalah teman yang mau berbesar hati meminta maaf jika salah, dan memaafkan kesalahan Sahabat yang berbuat salah.

76 komentar:

  1. Maaf ya kawan. akhir akhir ini saya jarang sekali posting artikel ;( Di karenakan laptop saya rusak. dan laptop saya juga masih belum bisa di gunakan lagi. ;( ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga laptopnya cepet sehat kembali mas, dilem biru saja mas... lempar beli yang baru :d

      Delete
    2. lebih baik kehilangan 1000 teman daripada kehilangan seorang sahabat 8-)

      Delete
  2. yang sabar mas.. semoga laptop nya ceepet kembali :D

    ReplyDelete
  3. sahabat sejati, teruji dalam segala kondisi
    smoga lekas sembuh lapotopnya mas :)

    ReplyDelete
  4. Seorang sahabat adalah yang mau berbagi dalam kondisi suka maupun duka

    ReplyDelete
  5. itu makanya judul lagu terbaru saya dikasih nama "persahabatan bukanlah kepompong".
    secara kepompong kan ngga bisa saling memaafkan kesalahan kepompong lainnya... (f)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, kang... kita masih manusia kok, bukan kepompong...

      Delete
  6. Assalaamu'alaikum wr.wb, Yahya...

    Bersahabatlah kerana Allah, pasti semuanya akan menjadi baik dan bersaudara. Kalau kita memberi sesuatu kepada sahabat bererti kita memberi sesuatu kepada diri kita sendiri. Persahabatan akan dapat melipatgandakan kegembiraan dan sanggup berbahagi kesusahan.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  7. Sekadar untuk mencari kawan mungkin butuh waktu beberapa menit saja, ya mas...? Namun untuk mencari sahabat butuh waktu lama.

    ReplyDelete

  8. Thanks, we appreciate your articles. Good day! DB Product Review

    ReplyDelete
  9. Memang persahabatan itu banyak sekali makna nya yg tak kita ketahui :)

    ReplyDelete
  10. Mencari teman memang mudah,namun memjadi seorang sahabat tidak mudah,perlu waktu untuk menjadi sahabat sejati,
    nice post kang bro...

    ReplyDelete
  11. sahabat buakan hanya dalam hal pertemanan saja bisa memberi inspirasi semangat serta solusi dalam menghadapi permasalahan yang ada. arti sahabat memang bisa di jabarkan dalam berbagai arti tergantung yang mengartikan nya akan tetapi tetap mengacu kepada kebaikan.

    be hepi.

    ReplyDelete
  12. Sahabat orang yang terdekat setelah keluarga..

    ReplyDelete
  13. sip om,
    sama ane juga jarang update berita krn kesibukan di dunia fana :p

    ReplyDelete
  14. semestinya memang seperti itu mas, tapi terkadang ada yang suka tersinggung ketika diingatkan. sebagai sahabat yang baik bagaimana kita mensikapinya? terima kasih sharenya ..

    ReplyDelete
  15. persahabatan itu memang sangat indah sekali mas, saya sampai sekarang mempunyai sahabat 6 orang semenjak kami sekolah sd samapi sekarang masih bersahabat.
    btw laptopnya mas Yahya rusaknya di bagian mana yaa ?
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptop saya mati total mas ferdon ;(

      Delete
  16. Sayang sekali saya gak ikut foto disana,, hehe

    ReplyDelete
  17. Kalau menurut saya makna persahabatan itu saling tolong menolong, gitu aja...


    ReplyDelete
  18. Selamat malam Mas Yahya apa kabarnya nih Mas? baru posting lagi
    saya sampai rindu pada Mas ini. Betul begitu yah Mas Arti Sahabat
    Saya sependapat dengan apa yang Mas posting ini. salam semangat terus :)

    ReplyDelete
  19. Nilai pengertian :

    1. 60% Kekasih kita
    2. 98% Sahabat kita :-)

    begitu besar arti sahabat bagi kita hehe :D
    thank's mas udah shering

    ReplyDelete
  20. setuju mas yahya, sahabat memang sudah selayaknya mendapat tempat terdendiri di hati kita

    ReplyDelete
  21. sahabat yang sejati itu yang mau berbagi saat susah maupun senang, dari antara seratus teman mungkin cuma ada satu sahabat :)

    ReplyDelete
  22. biasanya sahabat adalah dia akan menghampiri kita ketika seluruh dunia menjauh, buka menghampiri karena butuh. dia lebih terbuka untuk mengklafika kesalahan kita agar kita sadar untuk memperbaikinya. :)

    ReplyDelete
  23. kadang saya sebel kalau sahabat saya enggak ada waktu saya membutuhkannya..

    ReplyDelete
  24. Kita mungkin banyak mempunyai teman, tapi sahabat adalah pilihan. :)

    ReplyDelete
  25. kata orang bule 'A friend in need is a friend indeed'

    ReplyDelete
  26. rukun agawe santoso, crah agawe bubrah...demikian peribahasa dalam bhs jawa :D

    ReplyDelete
  27. Sahabat selalu ada dalam suka maupun duka.. Makanya jumlah sahabat lebih sikit dari jumlah temen. Bener ngga, Bang? :)

    Semoga laptopnya cepet sembuh ya.. Laptop ku juga sakit nih, suka nyetrum malah

    ReplyDelete
  28. persahabatan sangat penting , karna tak lekang oleh waktu

    ReplyDelete
  29. bener banget arti sahabat seperti yang mas yahya tulis,tapi prakteknya yamas yg sangat sulit

    ooo pantesan jarang oll sbb lepinya rusak yamas,moga cepet dpt diperbaiki yamas

    ReplyDelete
  30. sahabat bisa menentukan arah hidup mu

    ReplyDelete
  31. Sahabat yang baik bisa memaafkan kesalahan temannya dan tidak pendendam

    ReplyDelete
  32. persahabatan bagai kepompong ya mas :d

    ReplyDelete
  33. eeeeh iku blog e kowe toh ya,,,,,, sip tingkatno,, mben dadi saksi mane awor aq,,,,, hahhhahahhahaha,,,,,,

    ReplyDelete
  34. saya sangat setuju dengan kalimat Sahabat adalah seseorang yang ingin kita menjadi lebih baik.

    Kadang ada yang ngaku sahabat tapi malah menjerumuskan berbuat negative, misalnya ngasih rokok, hehehe...

    ReplyDelete
  35. ada yang mangatakan sahabat bagikan kepompong.. hoho...
    sahabat akan terjalin baik bila satu dengan lainnya saling mengerti dan berharga...
    untuk mempertahankannya lagi. saling bersilaturahmi antara sahabat. agar tidak putus persaudaraannya... :)

    ReplyDelete
  36. sahabat sejati takkan pernah mati

    ReplyDelete
  37. iyax sob kalo denger kata sahabat sejati tuu gmana gtu rasanya :)

    ReplyDelete
  38. Yang sabar ya Sob, semoga laptopnya dapat di atas dan kembali berkarya kembali.

    Salam

    ReplyDelete
  39. Sahabat selamanya, kayak spongebob sama patrick :v

    ReplyDelete
  40. mencari sahabat sejati mmg sulit ya.. jadi yg ada harus dijaga

    ReplyDelete
  41. Sahabat selalu ada di saat kita senang maupun sedih. Bukan begitu mas..??

    ReplyDelete
  42. mantap sob, kren sekali,
    sukses selalu

    ReplyDelete
  43. Berkumpul bersama sahabat memang menyenangkan

    ReplyDelete
  44. sahabat selalu ada demi kebaikan kita dan dia....,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  45. Cari sahabat memang tidak semudah mencari teman, beda2 tipis tapi tidak sama :)
    kalau teman datang dan pergi kalau sahabat selalu ada :) *menurut saya si*

    ReplyDelete
  46. jangan sampai kita menyia2in sahabat.........

    ReplyDelete
  47. sahabat,, memberi tanpa mengharap kembali...

    ReplyDelete
  48. kalau mencari musuh sih mudah banget yamas kebalikan dari mencari sahabat sejati

    oya laptopnya belum sembuh yamas yahya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sahabat lah .... susah dicari kadang sahabat pun jg bs mnjadi msuh

      Delete
  49. emang kalo yang namanya persahabatan itu nomer 1 gan hehe

    ReplyDelete
  50. Musuh gampang dicari,tetapi sahabat sejati sudah dicari :)

    ReplyDelete
  51. sahabat adalah orang yang tidak mengharapkan apa-apa darimu.. karena dia tahu, kamu tidak bisa diharapkan hehehe. kalo menurut definisi saya sih begitu :)

    ReplyDelete
  52. Assalaamu'alaikum wr.wb, Yahya...

    Hadir menyapa untuk memaklumkan ada hadiah award (1) BLOG WALKING AWARD di laman saya.

    http://webctfatimah.wordpress.com/2014/06/06/ct255-meraikan-award-2/

    Semoga sudi menerimanya sebagai tanda penghargaan dan persahabatan di dunia maya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. :)
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  53. pererat silahturahmi dgn ini..!

    ReplyDelete
  54. sahabat adalah seseorang yang ingin kita berpikiran positif dan menjadi lebih baik...saya setuju dengan ini....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  55. Saya bahkan baru menyadari makna sahabat saat mereka sudah gk ada di samping. Menyedihkan

    ReplyDelete
  56. sahabat adalah keluarga kedua menurut ane. :)

    ReplyDelete
  57. luar biasa sekali makna dari persahabatan ya sob. jarang-jarang yang berpikir kaya kamu sob tentang arti sebuah sahabat.

    ReplyDelete
  58. sahabat itu mereka yang selalu ada untuk kita :)

    ReplyDelete
  59. Sahabat segalanya menurut saya, bahkan kdang kala kedekatannya melebihi saudara sndiri...

    ReplyDelete
  60. nah, setuju sekali ane dengan itu gan.
    Sahabat itu yang paling mengerti tentang perasaan kita ^_^

    ReplyDelete
  61. tapi hati2 sob, terkadang sahabat jg bisa menjadi penjahat yg paling keji, saat mereka berkhianat menjadi musuh dlm selimut

    ReplyDelete
  62. persahabatan memang indah dan sulit mencari sahabat sejati kang.. :)

    ReplyDelete
  63. sahabat itu ibarat sandal yang serasi apabila dipakai sepasang hehe, saling melengkapi dan saling mengingatkan. salam kenal mas yuli.

    ReplyDelete
  64. kata katanya sp sekali mas, mantap

    ReplyDelete
  65. kemana aja nih mas
    nggak ada loe nggak rame

    ReplyDelete
  66. Rosul dulu pun memiliki para sahabat yang rela membela beliau meskipun mengorbankan nyawanya

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES