February 7, 2015

Berbaik Sangkalah Kepada Orang Lain

Berbaik sangka ke pada sesama manusia adalah sifat yang sangat baik, memiliki rasa berperasangka baik  ada banyak manfaat yang kita akan peroleh, bila kita memiliki sifat Husnuzhan kepada orang lain. maka hubungan persahabatan dan persaudaraan kita akan semakin kuat serta hubungan kita akan menjadi semakin baik. Hal ini karena berbaik sangka dalam hubungan sesama akan menghindari terjadinya perpecahan dalam suatu hubungan. Perbuatan husnudzan merupakan akhlak terpuji, sebab mendatangkan manfaat buat diri kita.

Berperangsangka baik memang harus bisa kita lakukan dan berprasangka buruk harus bisa kita tinggalkan. Hubungan yang baik antara sesama merupakan sesuatu yang harus dijalin dengan sebaik-baiknya. Karena dengan kita berbaik sangka atau berperasangka baik kepada orang lain akan membentuk sikap dan sifat yang akan memperkuat ataupun memantapkan persaudaraan.


Dalam pergaulan sehari-hari berbaik sangka menjadi sangat penting. Oleh karena itu apabila kita mendapatkan informasi yang belum kita tahu atau informasi yang belum tentu ada benarnya tentang sesuatu yang terkait dengan pribadi seseorang, maka kita harus melakukan penelitihan terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

Baca juga : Badan Kita Tidak Berharga Setelah di Tinggal Nyawa

Mengembangkan kebiasaan berbaik sangka menjadi sangat bermanfaat dalam usaha membentuk konsep diri seseorang agar dapat memiliki jati diri yang positif. Sebaliknya, kita diajarkan untuk tidak berburuk sangka. Karena kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan perasaan yang tidak bahagia yang berkepanjangan. Selain itu, prasangka buruk selalu berteman akrab dengan perasaan negatif.

Karena berburuk sangka merupakan sifat yang sangat tercela dan mengakibatkan kerugian, maka perbuatan ini sangat dilarang di dalam Islam. Untuk menjauhi perasaan berburuk sangka, maka masing-masing kita harus menyadari betapa hal ini sangat tidak baik dan tidak benar dalam hubungan persaudaraan. Disamping itu, bila muncul perasaan berburuk sangka di dalam hati, maka hal itu harus segera kita dihilangkan dan harus kita jauhi.

Dan yang penting lagi adalah memperkokoh terus jalinan persaudaraan antar sesama manusia agar yang selalu kita kembangkan adalah berbaik sangka, bukan malah berburuk sangka. Berprasangka buruk atau berpikiran negatif kepada orang lain, pasti hati dan pikiran kita menjadi tidak tenang.

Marilah kita bersama-sama belajar berbaik sangka kepada semua manusia.

115 komentar:

  1. Dengan berbaik sangak kepada semua sahabat, teman dan semua orang
    Itu sipat yang sangat mulia yah Mas Yahya..? dan saya sangat sependapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah betul sekali mas saud :)

      Delete
    2. berbaik sangka sangat dianjurkan dalam Islam, baik itu berbaik sangka terhadap Allah maupun terhadap sesama manusia, karena semua kebaikan yang kita sangkakan akan kembali pada diri kita sendiri. Bila kita berbaik sangaka terhadap Allah maka Allah akan memberikan kebaikan pada kita, jika kita berbaik sangka terhadap sesama manusia, maka kita akan dihargai dan perlakukan secara baik pula oleh orang lain.

      Delete
    3. Waah bener sekali mas.. karena semua kebaikan yang kita sangkakan akan kembali pada diri kita sendiri. (o) (h)

      Delete
  2. Semoga saja saya bisa pertamax di artikel berbaik sangakanya Mas Yahya :)

    ReplyDelete
  3. berpikiran positif menghinadari hal-hal buruk sangka kepada orang lain yaa sob
    thanks sob sudah mengingatkan :))

    ReplyDelete
  4. suudzon memang makan darah.. sebaiknya positif thinking aja ya. jadi sehat dihati

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Gagal mas. udah keduluan sama mas saud :-d

      Delete
  6. bener juga mas yahya.. berbuat baik itu menyenangkan.. *menurut saya* :)

    ReplyDelete
  7. berbaik sangka juga adalah salah satu cara agar kita sellu seha dan terhindar dari stress

    ReplyDelete
  8. Memang seharusnya begitu mas
    jangan pernah su'udzon sama orang gak baik

    ReplyDelete
  9. Benar juga mas, dalam pergaulan itu sangat penting

    ReplyDelete
  10. Saya setuju dengan judul artikel ini berbaik sangkalah,karena menurut saya nih orang yang selalu berburuk sangka kepada orang lain itu karena kelakuan dia itu selalu buruk terhadap orang lain.. (o)

    Jadi kalo kita selalu berbaik sangka semoga kitapun adalah orang baik .. [-(

    ReplyDelete
  11. baik sangaka merupakan salah satu sifat yang jarang dimiliki semua orang mas, terutama kaum hawa hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ada2 aja sob/ :-) masak cuma kaum hawa aja

      Delete
  12. Wah sepertinya saya dapet pertamax nich :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gagal mas..!! udah keduluan di ambil mas saud.. haha :-#

      Delete
  13. Karena berburuk sangka merupakan sifat yang sangat tercela
    :D

    bener bgt tu

    ReplyDelete
  14. berbaik sangka jg..membuat hati tentram..!

    ReplyDelete
  15. iya sih, harus nya memang gitu..
    biasanya orang yang suka berprangsangka buruk, dia sering mengalami pengalaman jelek terhadap seseorang.
    kalo sudah begitu emang sulit di hilangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah betul banget sob//

      tapi kita harus belajar untuk menghilangkan sifat berburuk sangka kpada orang lain.

      Delete
  16. wah artikel yang sangat menarik sekali nih mas untuk kita tidak selalu berburuk sangka terhadap orang lain, makasih sharingnya mas :)

    ReplyDelete
  17. Benar juga, mas Yahya...Untuk menjaga persahabatn atau silaturrahmi mungkin sikap husnuzhon (bersangka baik) lebih diutamakan sehingga kita tidak mudah curiga dan was-was terhadap teman. Motivasi bermanfaat buat kita semua, mas. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul sekali pak.. bersangka baik harus bisa diutamakan

      Delete
  18. org yg suka berprasangka baik itu biasax awet muda...,

    makasih sob sdh mengingatkan *smile

    ReplyDelete
  19. betul untuk dapat memiliki jadi diri yang baik kita harus selalu bersikap baik dan melakukann hal-hal yang positif .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget apa yg mas katakan itu :)

      Delete
  20. Kadang saya masih suka menduga-duga dan condong ke hal yang negatif. :|
    Harus mulai dihilangkan ya berarti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob, kita harus belajar menghilangkan sifat berburuk sangka.

      Delete
  21. Saya harus belajar selalu berbai sangka, mulai dari dunia blogging nih :)

    ReplyDelete
  22. Berbaik sangka dan bersifat yang tidak berlebihan bisa menjadi modal utama dalam pergaulan ya Mas ? Trims sharingnya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah betul sekali mas indra..

      oke sama2 :)

      Delete
  23. Betul, kita harus berbaik sangka kepada orang lain
    Moga kita selalu istiqomah berbaik sangka yah

    ReplyDelete
  24. jika kita bersangka baik terhadap orang lain pasti hati kita juga akan berasa tenang dan aman...

    ReplyDelete
  25. setuja , lebih baik berbaik sangka dari pda berburuk sangka.. :D

    ReplyDelete
  26. setuju, berbaik sangka akan mempererat silaturahmi :) begitupun sebaliknya. so teruslah posthink (positif thinking)

    ReplyDelete
  27. Berarti Harus Berfikir Positif Kepada orang..

    ReplyDelete
  28. wah kaya pelajaran SMP. Bab Tercela (y). thanks before mas :)

    ReplyDelete
  29. Dengan begitu membuat kita selalu berfikir positif yah, mas. gak lantas berprasangka yang justeru berlebihan dan ujungnya gak terbukti.

    ReplyDelete
  30. betul gan kita harus berbaik sangka sama orang

    ReplyDelete
  31. Iya, nggak tau kenapa bawaannya tiap kali ngeliat gerak-gerik yang berbeda jadi curiga. Mungkin saya berbakat jadi anggota KPK ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah ada ada aja nih.. masak kayak KPK :-)

      Delete
  32. buruk sangka akan menimbulkan pikiran negatif buat orang lain :)

    ReplyDelete
  33. setuju sob, kita sesama manusia bersaudara dan harus saling tolong menolong :d

    ReplyDelete
  34. Wah .. Sangat Manfaat nih.,..
    Semoga Saja saya bisa berbaik sangka kepada orang lain.

    ReplyDelete
  35. Saya sering berbaik sangka kepada orang lain dan tentunya teman-teman saya walapun mukanya seram dan jahat-jahat :d

    ReplyDelete
  36. dengan penerapan tersebut kita akan semakin banyak memiliki sahabat dan saudara, dan dengan bertambahnya saudara maka jalan rezeki pun akan menjadi semakin lancar ya mas tentunya

    ReplyDelete
  37. berbaik sangka tehadap sesama efeknya buat kita emang baik ya mas soalnya aura yang kita pancarkan bakal timbal baliknya juga baik :D maaf klo ngawur

    ReplyDelete
  38. berprasangka baik dengan orang lain adalah bagus ya mas, jadi kita bisa terhindar dari perbuatan dosa ;)

    ReplyDelete
  39. tetap senyum dan positiv thingking walaupun orang tersebut sikapnya super wow judesnya hehe biar rejeki kita lancar :)

    ReplyDelete
  40. artikel yang bgus gan, memang kita sesama manusia harus slalu berbaik sangka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget mbak. kita sesama manusia harus slalu berbaik sangka ya. (o)

      Delete
  41. berbaik sangka, berfikir positif atau tidak su'udzon dengan orang lain juga bisa menghidarkan kita dari hal hal yang buruk loh mas... terutama pada kehidupan kita...

    ReplyDelete
  42. wah setuju gan,,,nice share deh pokoknya,,heheh

    ReplyDelete
  43. inti nya kita harus tetap berfikir positif :)

    ReplyDelete
  44. setuju banget dengan postingan ini, dari pada buruk sangka bikin hati gak tenang, pikiran ngak-enggak, mendingan berbaik sangka saja hati tenang dan tentram

    ReplyDelete
  45. kalo ane mah dari dulu kaga pernah berburuk sangka ama temen :D

    ReplyDelete
  46. lebih baik positif thinking ya mas,pikiran jadi tenang

    ReplyDelete
  47. lebih baik positif thinking ya mas,pikiran jadi tenang

    ReplyDelete
  48. wah saya benar2 setuju dengan postingan mas yahya ini, jangan sampai kita berprasangka buruk terhadap orang lain, selain itu tidak baik juga bisa mendapatkan dosa

    ReplyDelete
  49. Orang yang berburuk sangka terhadap orang lain akan tersiksa perasaannya.

    Insya Allah kami akan selalu belajar untuk berbaik sangka Kang. Terimakasih

    ReplyDelete
  50. yg baik2 aja ya mas,,,
    buruk sangka itu penyakit diri

    ReplyDelete
  51. Yup setuju. kita harus berbaik sangka pada sesama. sebwlum kita benar2 bicsa membuktikan dia jahat, tetaplah berpikir org itu baik

    ReplyDelete
  52. bahan renungan yg bagus sekali mas.akan mencoba menerapkannya ,makasih artikelnya mas

    ReplyDelete
  53. sekalian mau follow juga mas,kalau ada waktu folback ya mas.salam sukses untuk mas yahya

    ReplyDelete
  54. betul mas, kalau selau berbaik sangka pikiran bisa tenang, jadi harus buang jauh2 ya mas berburuk sangka..hilangkan pikiran kita jangan-jangan orang ini .....

    ReplyDelete
  55. Pisitive thinking itu memang harus ya, biar ga banyak pikiran juga :)

    ReplyDelete
  56. Termasuk dengan orang yang berburuk sangka pun harus berbaik sangka ya mas

    ReplyDelete
  57. Setuju banget, agar rasa persahabatan dan persaudaraan itu bisa terhaga dengan baik, maka kuatkanlah rasa berbaik sangka dan tinggalkanlah rasa berburuk sangka.

    ReplyDelete
  58. ya termasuk kepada musuh kita.

    ReplyDelete
  59. wah saya benar2 setuju dengan postingan mas yahya ini, jangan sampai kita berprasangka buruk terhadap orang lain, sukses selalu ya gan ^^

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES