March 18, 2014

Silaturahmi Itu Baik dan Bemanfaat

Silaturahmi merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW. Karena dalam silaturahmi banyak terkandung berbagai hikmah silaturahmi dan juga keutamaan silaturahmi itu sendiri. Sebagai manusia yang dijadikan sebagai makhluk sosial tentunya berhubungan dengan manusia lainnya tak akan terlepas dalam kehidupan sehari hari. Kita tak akan pernah bisa hidup sendiri, pasti kita akan selalu membutuhkan pertolongan orang lain.

Kalau orang lain mengunjungi kita dan kita balas mengunjunginya, ini tidak memerlukan kekuatan mental yang kuat. Namun, bila ada orang yang tidak pernah bersilaturahmi kepada kita, lalu dengan sengaja kita mengunjunginya, maka inilah yang disebut silaturahmi. Apalagi kalau kita bersilaturahmi kepada orang yang membenci kita atau seseorang yang sangat menghindari pertemuan dengan kita, lalu kita mengupayakan diri untuk bertemu dengannya. Inilah silaturahmi yang sebenarnya.


Dari sini terlihat jelas, betapa pentingnya menyambungkan tali silaturahmi dan memperkuat nilai persaudaraan tersebut. Betapa tidak! Dengan silaturahmi maka akan terjalin rasa kasih sayang dengan sesama manusia, bahkan dengan makhluk Allah lainnya. Bila ini terjadi maka rahmat dan kasih sayang Allah pun akan turun dan menaungi hidup kita.


Manfaat mempererat tali silaturahmi :
1. Mendapatkan ridho dari Allah SWT
2. Menambah rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan
3. Mempererat tali persaudaraan & persahabatan.
4. Orang yang kita kunjungi pasti berbahagia
5. Diluaskan rezekinya
6. Dikenang kebaikannya
7. Dipanjangkan umurnya
8. Mati dalam keadaan khusnul khotimah
9. Kecintaan dalam keluarga
10. Kunci masuk syurga

108 komentar:

  1. betul sekali, silaturahmi mendatangkan rejeki....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan salah satu cara silaturahmi di dunia maya adalah dengan blogwalking, asyik pokoknya

      Delete
  2. Salam Kenal Gan!

    Silaturahmi adalah jalan kebaikan selama silaturahmi itu bukan untuk hasud. Ibarat orang munafik yang datang untuk silaturahmi dan menyampaikan hal baik,,tapi sepulangnya dari kita dan bertemu orang lain,dia akan sampaikan hal buruk ke orang tersebut.

    Semoga silaturahmi kita berjalan baik ya Gan! dijauhkan dari sifat munafik. Amin!

    ReplyDelete
  3. assalam...bagus sekali artikelnya...tq berkongsi info

    ReplyDelete
  4. Selamat sore Mas Yahya, semoga saya dapat Pertamak di
    Blog kerenya Mas Yahya, Silaturahmi adalah sebagian
    Sunahnya Kanjeng Nabi Muhammad SAW Yah Mas. makasih
    Atas artikelnya salam santun, salam silaturrahmi :)

    ReplyDelete
  5. Wah di rubah yah Mas, comments nya nunggu approve?
    Jadi nunggu Mas Yahya online nih,, mendingan di of
    saja Mas kalau saya boleh nyaranin tapi maaf bukan menggurui hhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih sob, soalnya banyak spam.. hehe

      Delete
  6. memperluas silaturahmi juga dapat mempermudah rejeki

    ReplyDelete
  7. Silahturahmi merupakan sebuah anjuran yang sangat bagus dengan tujuan untuk memperbaiki hubungan persaudaraan :)
    Salam.

    ReplyDelete
  8. Pencerahan nih,jarang sekali menemukan postingan seperti ini,Terimakaish Kang Yahnya sudah berbagi artikel yang sangat bagus buat nambah wawasan saya yang masih buta dalam hal silaturahmi ini,,,Terimakaish...

    ReplyDelete
  9. huga dapat menambah rezeki dan memperpanjang umur

    ReplyDelete
  10. Assalaamu'alaikum wr.wb, Yahya...

    Alhamdulillah, besar sekali manfaat menjalinkan silaturahmi sesama insan. Mungkin silaturahmi menerusi maya juga mendapat impak yang sama walau kunjungan hanya berupa tulisan, namun kebaikan yang dipancarkan tentu akan menambah erat persaudaraan yang jauh dari pandangan.

    Memang sukar untuk bersilaturahmi dengan musuh atau mereka yang tidak suka kepada kita. tetapi jika jiwa teguh dan faham manfaatnya lebih banyak usaha ke arah tersebut harus direbut untuk mendapat ganjaran besar di sisi Allah SWT.

    Terima kasih sudah mengingatkan, mudahan beroleh kebaikan dari Allah SWT. Aamiin.
    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  11. Betul sekali mas karena silahturohmi sangat digalakkan karena banyak faedahnya dan yang utama adalah mempererat tali kekeluargaan

    ReplyDelete
  12. bener sekali mas.. apalai silaturahmi sama sang keluarga mertua :D wkwkwk

    ReplyDelete
  13. banyak manfaatnya, maka dari itu silaturahmi gaboleh putus :)

    ReplyDelete
  14. Selain
    1. Mendapatkan ridho dari Allah SWT
    2. Menambah rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan
    3. Mempererat tali persaudaraan & persahabatan.
    4. Orang yang kita kunjungi pasti berbahagia
    5. Diluaskan rezekinya
    6. Dikenang kebaikannya
    7. Dipanjangkan umurnya
    8. Mati dalam keadaan khusnul khotimah
    9. Kecintaan dalam keluarga
    10. Kunci masuk syurga

    Ada satu lagi manfaat silaturahmi, yaitu bisa saling bertukar informasi yang bermanfaat

    ReplyDelete
  15. ya dan sekarang saya datang untuk bersilaturahmi. karena selain menambah panjang usia juga murah rejeki ya gan

    ReplyDelete
  16. silaturahmi memang penting dalam bermasyarakat, manfaat silaturahmi yang paling saya suka yang nomor 10 mas hehe...

    ReplyDelete
  17. dalam dunia blogger pun ada silahturahminya ya mas, bukan hanya di kehidupan nyata saja
    thanks mas sudah mengingatkan :)

    ReplyDelete
  18. iya gan.. kita kalau rejekinya lagi seret di anjurin untuk banyak-banyak silaturahmi.. :)

    ReplyDelete
  19. menjalinkan hubungan silraturrahim juga tentunya membuatkan kita lebih positif dan ceria..

    ReplyDelete
  20. Met malam sobat.mampir & silaturahmi ke sini.mudah2an dapat 10 point di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. trimakasih udah mau nyempetin mampir

      Delete
  21. baru tahu manfaat silaturahmi adalah mati dalam keadaan khusnul khotimah, keren banget ya?^^

    ReplyDelete
  22. mas saya juga silahturahmi mas kalu ada salah mohon maaf

    ReplyDelete
  23. bener banget mas. Harus selalu menymbung tli silaturahmi

    ReplyDelete
  24. di lapangkan rejekinya itu lho mas yang gimana gitu hal ini berkaitan dengan link yang banyak atau kenalan samakin banyak kenalan semakin besar pula untuk mendapat tawaran proyek ehehe mungkin seperti itu mohon koreksinya mas

    ReplyDelete
  25. wah bener banget tuh mas, saya juga mau bersilaturahmi dengan mas nih, salam kenal

    ReplyDelete
  26. dengan silaturahmi semoga ukhuwah kita masih bisa terjaga.

    ReplyDelete
  27. Silaturahim itu penting mas untuk menjalin persatuan. Seperti kita para blogger ini yang selalu silaturohim dengan sesama blogger agar lebih akrap ya mas.

    ReplyDelete
  28. ini rahasia dari silaturahmi banyak manfaatnya ya mas,
    apalagi bersilaturahmi dengan orang yang memutus silaturami itu luar biasa apalagi dengan orang yang membenci ya

    ReplyDelete
  29. Indah sekali Sob, bila melihat suasana seperti ini bisa di bangun di tengah masyarakat kita.

    Salam

    ReplyDelete
  30. Termasuk silaturahmi melalui blog juga bisa kan...? hehe
    Salam ukhuwah :)

    ReplyDelete
  31. benar sekali itu sob
    disegala apaun silaturrahmi harus terjaga
    dalam blog pun tak luput
    :D

    ReplyDelete
  32. silatuhrahmi memang sudah ada pelajaran nya dr jaman rosul :)
    yuk silatuhrahmi :)

    ReplyDelete
  33. Ada saran dari saya apa yang disampaikan di atas terdapat dalam hadits.

    Jadi hadist riwayat tersebut harus diketahui agar bisa melengkapi referensi yang ada, makasih.

    ReplyDelete
  34. Kalau dalam dunia Blog , salah stu cara mempererat Silaturahim adalah dengan sering sering melakukan kunjungan atau blogwalking

    ReplyDelete
  35. Betul mas, memang tali silaturrahmi harus dijaga. Agar kita bisa hidup rukun :)

    ReplyDelete
  36. sama dengan BW ya saling bersilaturahmi hehehehe

    ReplyDelete
  37. Insya Allah semoga kita semua mendapatkan hikmah dari indahnya silaturahmi..

    ReplyDelete
  38. Silaturahmi emang perlu dijaga sob :) sekarang peribahasanya udah ganti jadi: banyak teman banyak rejeki :D

    ReplyDelete
  39. pastinya sangat banyak guna dan manfaat jika kita sering melakukan silaturahmi...apalagi silaturahmi ini telah dicontohkan bahkan diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

    ReplyDelete
  40. Saya selalu mendapat pengetahuan baru saat silaturahmi bw di dunia maya...., Siip, setuju banget, teruskan gan...........
    salam dengan senyum

    ReplyDelete
  41. kalo bahasa arabnya "silaturahim", cuma lidahnya orang Indonesia (utamanya orang Jawa) terpeleset menjadi silaturahmi... cuma mau bilang itu doang sih... hehe
    Blog Walking ke blog tetangga juga salah satu bentuk silaturahim loooh

    ReplyDelete
  42. Setuju banget dengan apa yang tertulis di atas dengan silaturrahmi segala sesuatu bisa terasa lebih mudah karena silaturrahmi akan mempererat tali persaudaraan, jika memiliki banyak saudara maka akan meringankan beban kita terlebih lagi jika saudara tersebut ringan tangan dalam membantu saudara-saudaranya.

    ReplyDelete
  43. Amiin,,,dan katanya pak Kyai juga Silaturohmi memperpanjang Umur...:D

    ReplyDelete
  44. Blogwalking juga termasuk silaturahmi kan bro, berarti rejeki akan bertambah juga ya. Yoshh, semangat!!

    ReplyDelete
  45. kalau udah tahu banyak manfaatnya kayak gitu kok masih ada orang yang memutuskan tali silaturahmi. kayaknya suka banget nyari musuh.

    kayak sekarang saya blog walking, sama aja silaturahmi kan *nyengir

    ReplyDelete
  46. Silaturahmi mendatangkan rezeki

    ReplyDelete
  47. Yang pastinya siratulrahmi sangat di anjurkan tentunya ya..

    ReplyDelete
  48. bener banget bahwa dengan silaturohim, maka ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ya mas

    ReplyDelete
  49. subhanallah. artikel yang bermanfaat, menginspirasi ane yg jarang silaturahim. hihihi

    ReplyDelete
  50. luar biasa manfaat bersilaturrahmi, selalu makmurkan silaturrahmi rizki bertambah dan bisa memajangkan umur

    ReplyDelete
  51. sebagai umat muslim juga wajib menjaga tali silahtrahmi, nice share gan :)

    ReplyDelete
  52. artikel nya selalu yang penting-penting mas
    Anda luar biasa :-)









    Silahkan singgah di WEB kita mas/mbak :-)
    buat anak-anak anda yang mau belajar
    www.ditokokita.com

    ReplyDelete
  53. Silaturrahmi merupakan ajaran Islam yang bisa menyatukan dan mempererat tali persaudaraan.

    ReplyDelete

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Anda. SALAM SUKSES